website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 21:32:27 WIB

Akibat Luapan Kali Ciliwung di Jatinegara Jakarta Timur, Banjir Melanda Kebon Pala RT 13/RW 04 Hingga 1,5 Meter

Jakarta | detikNews – Pada Kamis dini hari, Kebon Pala RT13/RW04, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur dilanda banjir setinggi 1,5 meter akibat meluapnya Kali Ciliwung. Namun, saat ini banjir tersebut telah berangsur surut.

Unus, salah satu warga RT13/RW04, mengatakan bahwa banjir mulai terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dan ketinggian air mencapai 1,5 meter. Penyebab banjir ini adalah tingginya curah hujan di Bogor pada Rabu malam, sehingga air Kali Ciliwung meluap.

Baca juga:  Lakukan Upaya Peningkatan Pelayanan Kepada Masyarakat, Pemkot Depok Rehab 11 Gedung Kantor Pemerintahan Jadi Kokoh dan Megah

“Ketinggian air mencapai 1,5 meter. Namun, sekarang sudah berangsur surut”, ucap Unus, dilansir Antara, Kamis (4/5/2023).

Meskipun demikian, tidak ada warga yang mengungsi akibat banjir tersebut. Petugas dari Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Metro Jaya dan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Sektor Jatinegara Kebakaran siaga di lokasi banjir untuk membantu mengevakuasi warga. Thomas Triatmaja, anggota regu Sudin Gulkarmat Sektor Jatinegara, mengatakan bahwa pihaknya siap membantu warga melakukan penyedotan air jika diperlukan.

Baca juga:  Di Surabaya Mengurus SIM jadi Lebih Muda melalui Cak Bhabin

“Kami siap 24 jam bila warga minta bantuan penyedotan air. Tapi, Alhamdulillah perlahan air mulai surut”, tandas Thomas.

Warga Kebon Pala sering dilanda banjir karena kontur permukiman rendah dan berada dekat aliran Kali Ciliwung. Program pemerintah untuk normalisasi Kali Ciliwung belum menyentuh wilayah permukiman warga Kebon Pala, sehingga warga terus terkena imbas banjir setiap tahunnya.

Baca juga:  Menpora Amali Resmikan Media Center Kemenpora untuk Mendorong Kemajuan Pemuda dan Olahraga Melalui Media

Pada akhir Februari 2023, wilayah permukiman warga Kebon Pala bahkan terendam banjir hingga mencapai 1,75 meter akibat intensitas hujan yang tinggi di Jakarta dan air kiriman dari Bogor dan Depok. Diharapkan pemerintah dapat segera melakukan tindakan yang lebih konkret untuk mengatasi masalah banjir di wilayah tersebut, terutama dengan normalisasi Kali Ciliwung agar warga tidak terus menderita akibat banjir yang sering terjadi.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait