website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 3:23:21 WIB

Anies Baswedan Bahas Kriteria Calon Wakil Presiden Pada Dialog Para Pemimpin Redaksi di Surabaya

Surabaya | detikNews – Bakal Calon Presiden Anies Baswedan menggelar acara dialog pimpinan redaksi dengan Partai NasDem di Ballroom I Hotel Shangri La Surabaya, Jawa Timur pada Jum’at malam, 17 Maret 2023. Lima puluh peserta yang terdiri dari pimpinan media, jurnalis senior, dan kolumnis senior, hadir dalam acara tersebut. Anies pun dihujani berbagai pertanyaan, termasuk terkait pencalonannya sebagai Presiden.

Salah seorang peserta menanyakan kemungkinan Anies menggandeng Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai Calon Wakil Presidennya. Menurut penanya, jika Anies berpasangan dengan Khofifah, pemilihan Presiden sudah pasti dimenangkan. Pasalnya, Jawa adalah kunci populasi pemilih Indonesia, dan Jawa Timur adalah kunci Jawa.

Baca juga:  Pendopo Kantor Kecamatan Cluring Ambruk Tanpa Sebab, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

Menanggapi pertanyaan tersebut, Anies tak memungkiri bahwa Pulau Jawa masih menjadi magnet bagi para kontestan, karena populasinya yang padat dibanding pulau lain. Namun, dia menyatakan tidak ingin terlalu dini menentukan Calon Wakil Presidennya.

“Pilkada masih jauh, masih 11 bulan lagi,” ujarnya.

Kendati demikian, Anies menyatakan, bahwa Calon Wakil Presiden yang akan dipilihnya harus memenuhi lima kriteria yang telah ditetapkan. Pertama, kandidat harus bisa membantu memenangkan Pemilu. Kedua, jika terpilih, calon harus dapat membantu dalam menjalankan pemerintahan yang efektif.

Baca juga:  Pemkot Tangerang Gandeng Bank Jabar Banten untuk Optimalisasi Transaksi Digital dalam Penyaluran Bantuan Sekolah

Ketiga, kandidat harus mampu membantu menstabilkan koalisi pendukung. Keempat, kandidat harus mampu bekerja sama menuju kesamaan visi atau misi tanpa menimbulkan ketegangan politik. Terakhir, kandidat harus memiliki komitmen yang sama untuk berubah seperti dirinya.

“Saya lebih suka menggunakan parameter agar hasilnya bisa dipertanggungjawabkan”, ungkap mantan Gubernur Jakarta ini.

Anies menyatakan, bulan ini akan mulai keliling Jawa Timur. Daerah pertama yang akan ia kunjungi adalah Kota Surabaya dan Pulau Madura. Setelah itu, dia akan mengunjungi beberapa Kabupaten dan Kota lainnya di lain waktu.

Baca juga:  Wakapolri Cek Pembangunan Rumah Sakit Bhayangkara Blora

“Hari ini kita mulai masuk ke Jawa Timur, mudah-mudahan dibuka kuncinya”, kata Anies.(Fqh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait