website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 5:21:29 WIB

Arab Saudi Mengumumkan Awal Ramadan pada Kamis, 23 Maret 2023

Jakarta | detikNews.co.id – Pada Selasa, 21 Maret 2023, Mahkamah Agung Saudi mengumumkan bahwa bulan Syaban dalam kalender Islam akan berakhir pada hari Rabu, 22 Maret 2023, yang menandakan dimulainya Ramadan pada hari berikutnya, Kamis 23 Maret 2023.

Menurut laporan dari kantor berita Saudi Press Agency (SPA), pihak berwenang telah meminta warga untuk mencoba melihat bulan sabit yang menandai dimulainya Ramadan, namun tidak terlihat, Rabu (22/3/2023).

Baca juga:  Jemaah Umrah Yang Menjadi Korban Penipuan Agen Travel Telah Dipulangkan Kembali ke Indonesia Menurut Kemenag

Beberapa negara mayoritas Muslim Sunni lainnya, seperti Mesir, Qatar, dan Palestina, juga mengumumkan bahwa Ramadan akan dimulai pada Kamis. Namun, pemerintah Yordania, Aljazair, Maroko, dan Indonesia baru akan memutuskan tanggal dimulainya Ramadan hari ini.

AFP melaporkan bahwa penetapan tanggal dimulainya Ramadan, yang merupakan bulan suci bagi umat Islam, biasanya ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisiknya. Oleh karena itu, seringkali penetapan dimulainya bulan Ramadan berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Baca juga:  Kepala Bappeda Kota Depok Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan dan Peningkatan Perekonomian Daerah

Selama bulan Ramadan, pemerintah Arab Saudi memberlakukan sejumlah aturan baru, termasuk kebijakan restoran dan tempat makan lainnya harus tutup hingga waktu berbuka puasa tiba. Aturan ini ketat dipatuhi di negara tersebut. (Sl)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait