website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 15:25:09 WIB

Bamsoet Membuka Secara Resmi Masjid Harfin Baitus Salam di UNPERBA Purbalingga

Purbalingga | detikNews – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Karya Bhakti Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA), Bambang Soesatyo, secara resmi meresmikan Masjid Harfin Baitus Salam di UNPERBA. Masjid ini merupakan hasil bantuan dari Yayasan Harfin Gosari Gresik.

Peresmian Masjid Harfin Baitus Salam ditandai oleh penandatanganan berita acara serah terima masjid dari Ketua Umum Yayasan Harfin Gosari Gresik, Deddy Harnoko Sucahyo, kepada Bambang Soesatyo. Acara ini juga mencakup penandatanganan prasasti serta pemotongan pita menuju masjid.

Bamsoet menjelaskan bahwa masjid ini memiliki dua lantai dengan menara dan kubah yang memberikan nilai estetika. Masjid tersebut memiliki luas sekitar 10 m x 12m, didominasi oleh warna putih dan lantai keramik berwarna krem.

Baca juga:  Mendukung Kesejahteraan Anak Yatim: Bang Imam Apresiasi kepada Mahasiswa UI

“Dengan penuh apresiasi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum Yayasan Harfin Gosari Gresik, Bapak Deddy Harnoko Sucahyo, atas bantuan dan dukungannya, sehingga kampus UNPERBA sekarang memiliki Masjid Harfin Baitus Salam,” ungkap Bamsoet dalam pernyataannya pada Senin (22/5/2023).

“Semoga, sesuai dengan namanya, masjid ini menjadi ‘rumah keselamatan’ bagi seluruh civitas akademika dan keluarga besar UNPERBA, serta masyarakat umum yang memanfaatkannya,” tambahnya.

Menurut Bamsoet, kehadiran masjid di kampus UNPERBA merupakan implementasi dari amanat Konstitusi. Pasal 31 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menegaskan bahwa sistem pendidikan nasional diselenggarakan untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca juga:  Berikan Kepedulian Kepada Korban Banjir Rob, Polres Demak Berikan Bantuan Air Mineral dan Obat-Obatan

“Amanat Konstitusi tersebut mengartikan bahwa tujuan pendidikan tidak hanya berkaitan dengan menciptakan sumber daya manusia yang cerdas dan terampil, tetapi juga berakhlak mulia dan berkarakter,” jelas Bamsoet.

“Semoga Masjid Harfin Baitus Salam dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman di sini, serta memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan iman dan ketakwaan keluarga besar civitas akademika UNPERBA,” harapnya.

Lebih lanjut, Bamsoet mengatakan bahwa pembangunan karakter bangsa saat ini menjadi semakin penting dan krusial, terutama bagi generasi muda. Meskipun globalisasi memberikan kemajuan material, namun juga membawa berbagai dampak dan tantangan.

“Salah satu tantangannya adalah demoralisasi generasi muda bangsa, terlihat dari peningkatan tindakan kriminalitas, anarkisme, vandalisme, perilaku seks bebas, dan penyalahgunaan narkoba,” ujar Bamsoet.

Baca juga:  Banjir Terjang Enam Kecamatan di Kabupaten Solok Selatan Sumbar Setelah Hujan Deras Selama Dua Hari

“Kita juga menyaksikan penurunan identitas dan jati diri ke-Indonesia-an. Nilai-nilai kearifan lokal seperti sopan santun, keberadaban sikap, dan perilaku mulai tergeser oleh gaya hidup hedonis, individualis, egois, dan pragmatis,” tambahnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, Rektor UNPERBA, Eming Sudiana, Ketua Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga, Wisnudi Bargowo, Ketua Umum Yayasan Harfin Gosari Gresik, Deddy Harnoko Sucahyo, Ketua Yayasan Ali Network Indonesia, Ali Sun Geun, Wakil Ketua DPRD Purbalingga, Tenny Juliawaty, dan Kapolres Purbalingga, AKBP Hendra Irawan.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait