website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 15:03:27 WIB

Bantuan Alsintan 2023, Meningkatkan Kemakmuran Pertanian di Kabupaten Pemalang

Pemalang | detikNews – Kabupaten Pemalang baru-baru ini menerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dalam rangka meningkatkan sektor pertanian, khususnya di bidang tanaman pangan dan hortikultura. Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat S.T, secara resmi menyerahkan bantuan Alsintan ini kepada 63 Kelompok Tani di wilayah kabupaten ini. Bantuan ini merupakan hasil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pertanian Tahun Anggaran 2023, Selasa (05/09/2023)

Bantuan Alsintan yang diserahkan terdiri dari beberapa jenis peralatan, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pompa Air: Sebanyak 30 unit.
  2. Cultivator (Traktor Kecil): Sebanyak 14 unit.
  3. Corn Sheller (Pemipil Jagung Roda 2): Sebanyak 7 unit.
  4. Corn Sheller Mobile (Pemipil Jagung Roda Tiga): Sebanyak 8 unit.
  5. Appo Mobile (Alat Pencacah Pupuk Organik Roda 3): Sebanyak 4 unit.
Baca juga:  Perketat Sistem Promosi ASN di Pemkab Pemalang untuk Mencegah Praktik Jual-Beli Jabatan, Mardani Ali Sera Meminta Kepada Pemerintah

Penyerahan bantuan Alsintan ini berlangsung di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang pada hari Selasa, 5 September 2023. Mansur Hidayat, dalam sambutannya, menjelaskan pentingnya bantuan ini dalam meningkatkan produktivitas pertanian di kabupaten ini. Dia berharap bahwa dengan adanya Alsintan ini, biaya operasional pertanian akan berkurang, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat setempat.

Selain itu, Mansur Hidayat juga mengingatkan pentingnya perawatan Alsintan tersebut. Dia menekankan perlunya pelatihan bagi para petani agar mereka dapat merawat dan mengoperasikan peralatan ini dengan baik. Menurutnya, pemeliharaan yang baik akan memastikan masa pakai Alsintan yang lebih panjang, sehingga investasi ini menjadi lebih berharga.

Baca juga:  Sekber Wartawan Indonesia "Siap Bela Anggotanya yang Dikriminalisasi"

Mansur Hidayat juga memberikan saran kepada para petani untuk menggunakan biosaka atau pupuk organik sebagai alternatif pupuk kimia. Dia menekankan pentingnya berinovasi dan tidak terlalu bergantung pada pupuk kimia. Penggunaan pupuk organik memiliki beberapa manfaat, termasuk biaya yang lebih terjangkau dan manfaat bagi kesehatan tanah. Selain itu, bahan-bahan untuk pupuk organik juga lebih mudah ditemukan di sekitar.

Baca juga:  Kolaborasi WPSP dan Ormas 234SC Pemalang di Bulan Ramadhan, Bagi Bagi 1000 Takjil dan Nasi Kotak

Pada akhir sambutannya, Mansur Hidayat mengingatkan kita semua akan pentingnya mendukung sektor pertanian sebagai tulang punggung perekonomian Kabupaten Pemalang. Dengan peningkatan produktivitas dan penggunaan praktik pertanian yang berkelanjutan, diharapkan kabupaten ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakatnya.

Semua ini adalah langkah positif dalam mendukung pertanian lokal dan meningkatkan kualitas hidup petani di Kabupaten Pemalang. Kita berharap agar bantuan Alsintan ini dapat memberikan dampak yang signifikan dan membawa kemajuan bagi sektor pertanian di wilayah ini. (Eko B Art)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait