website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 16:31:41 WIB

Bantuan Darurat Kemensos 14 Ton Tiba di Lokasi Kekeringan Papua Tengah

Papua | detikNews – Bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk warga yang terdampak kekeringan di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, Kabupaten Puncak Papua Tengah telah tiba di Timika pada Senin (24/7). Sebanyak 14 ton bantuan logistik diangkut dari gudang logistik di Jakarta dan Jayapura.

Plt Direktur Perlindungan Korban Bencana Alam, Adrianus Alla, menyatakan bahwa sejak kemarin (24/7), Kemensos telah berusaha mengirimkan bantuan melalui Distrik Sinak. Namun, upaya tersebut tidak berhasil karena cuaca yang buruk.

Adrianus Alla menjelaskan bahwa kedua distrik yang terdampak, yaitu Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, mengalami kendala akses, sehingga membawa bantuan ke wilayah tersebut menjadi sulit. Meskipun Distrik Agandugume memiliki lapangan terbang, bantuan tidak dapat diterbangkan melalui sana karena lapangan terbang tersebut sedang ditutup untuk perbaikan dan pertimbangan situasi keamanan. Sebagai alternatif, rencana mengirimkan bantuan melalui Lapangan Sinak juga terkendala oleh cuaca yang tidak bersahabat.

Baca juga:  Diduga Polrestabes Surabaya Fasilitasi Boenarto "Buronan (DPO) Polda Jatim"

Adrianus menyebutkan bahwa bantuan tersebut direncanakan akan diangkut menggunakan dua helikopter caracal dan dua pesawat jenis caravan pada tanggal 26 Juli. Helikopter caracal milik TNI AU mampu mengangkut 750 kg dalam sekali terbang, sementara pesawat caravan dapat membawa bantuan seberat 1 ton. Transportasi udara tersebut dijadwalkan akan mengangkut bantuan secara bertahap ke dua distrik tersebut.

Baca juga:  Pencurian Burung Kepodang dan Kandangnya di Tanah Baru, Depok Terekam CCTV

Informasi sementara menyebutkan bahwa sebanyak 7.500 jiwa warga di kedua distrik tersebut terdampak kekeringan akibat gagal panen. Fenomena hujan es pada awal Juni menyebabkan tanaman masyarakat, seperti umbi yang merupakan makanan pokok, layu dan busuk. Kekeringan terjadi setelah itu karena tidak ada hujan, yang menyebabkan tanaman warga mengalami kekeringan.

Adrianus juga menyoroti bahwa bahan makanan adalah bantuan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Jenis bantuan yang dikirimkan oleh Kemensos meliputi makanan siap saji sebanyak 4.000 paket, makanan anak sebanyak 4.000 paket, lauk pauk siap saji sebanyak 2.000 paket, tenda gulung sebanyak 500 lembar, sarden sebanyak 25 dus, kornet sebanyak 32 dus, sosis sebanyak 83 dus, abon sapi sebanyak 15 dus, biskuit sebanyak 18 dus, pakaian anak (TK, SD, dan SMP) sebanyak 3.000 setel, pakaian dewasa sebanyak 4.000 setel, celana dewasa sebanyak 4.000 lembar, dan selimut sebanyak 4.000 lembar.

Baca juga:  Penemuan Barang Bekas Tak Terduga: Ribuan KIP Tersegel Ditemukan di Lapak Rongsokan Rangkasbitung

Meskipun bantuan telah tiba di Timika, upaya untuk mengantarkan bantuan tersebut ke Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi masih dihadapkan pada tantangan cuaca yang menghambat. Namun, pihak berwenang berusaha untuk terus melakukan upaya penyaluran bantuan demi membantu masyarakat yang terdampak kekeringan di wilayah tersebut.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait