website statistics
28.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 12:05:20 WIB

Berikut Tips Drg. Tavip Hariyadi Agar Napas Tetap Segar dan Mulut Tidak Bau Selama Berpuasa

Bandung | detikNews – Saat menjelang bulan puasa, keinginan untuk makan menjadi semakin besar. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi makanan sembarangan dapat membuat aroma napas menjadi semakin tidak sedap.

Dilansir dari laman resmi website Pemerintah Kota Bandung, Minggu, 26 Maret 2023, Kepala UPTD Puskesmas Cijagra Lama, drg. Tavip Hariyadi, menjelaskan bahwa pada saat puasa, mulut tidak bekerja aktif, sehingga kuman dan bakteri dapat berkumpul dan menyebabkan aroma tak sedap dari mulut.

Baca juga:  Berapa Lama Durasi Ideal Penyimpanan Es Teh untuk Menjaga Kesegarannya?

Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, drg. Tavip menyarankan agar gigi dibersihkan minimal dua kali dalam sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur di malam hari. Selain itu, penting juga untuk menjaga asupan makanan, terutama dalam memilih makanan yang memiliki aroma menyengat seperti petai, jengkol, dan bawang.

Tavip menyarankan untuk mengurangi atau menghindari makanan tersebut selama berpuasa.

Baca juga:  RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran Resmi Berhenti Beroperasi dan 16 Ribu Relawan Dinyatakan Purnatugas

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, tidak hanya cukup dengan menyikat gigi, tetapi juga dapat menggunakan obat kumur antiseptik. Namun, pemilihan obat kumur harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak disarankan untuk digunakan secara terus-menerus. Tavip juga menyarankan untuk membersihkan lidah dengan pembersih lidah sebagai salah satu upaya pencegahan bau mulut selama berpuasa.

Baca juga:  Rahasia di Balik Kebas dan Kram pada Tangan: Penyebab yang Perlu Anda Ketahui

Jadi, di bulan Ramadan ini, selain menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, warga Bandung juga harus memperhatikan kesehatan gigi dan mulut dengan baik.

Membersihkan gigi dan lidah dengan benar, menggunakan obat kumur antiseptik, serta menghindari makanan yang terlalu menyengat atau goreng-gorengan dapat membantu mengurangi aroma tak sedap dari mulut selama berpuasa. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait