website statistics
29.4 C
Indonesia
Wed, 1 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Wednesday, 1 May 2024 | 15:16:49 WIB

Bola-bola Cokelat Legit: Resep Lezat yang Menggoda Lidah

Depok | detikNews – Bola-bola cokelat legit adalah hidangan yang sempurna untuk memanjakan lidah Anda. Kelezatan cokelat yang lembut, manis, dan legit membuatnya menjadi favorit banyak orang. Tak hanya lezat, bola-bola cokelat legit juga mudah dibuat di rumah. Dengan bahan-bahan sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda bisa membuat hidangan ini sendiri dan memanjakan keluarga atau teman-teman Anda. Berikut adalah resep bola-bola cokelat legit yang tak boleh Anda lewatkan.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • 200 gram cokelat hitam (pilih cokelat berkualitas baik dengan kandungan kakao yang tinggi)
  • 100 gram mentega tawar
  • 1/2 cup gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1/2 cup tepung terigu serbaguna
  • 1/4 cup bubuk kakao
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • Sejumput garam
  • Topping sesuai selera (misalnya taburan gula halus atau bubuk kakao)
Baca juga:  Resep Jalangkote Khas Makassar: Nikmatnya Gurihnya Isi yang Menggoda

Cara Membuat:

  1. Siapkan loyang persegi berukuran sedang dan olesi dengan mentega atau alasi dengan kertas roti. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.
  2. Lelehkan cokelat hitam dan mentega dalam mangkuk tahan panas di atas panci berisi air mendidih (metode double boiler). Aduk hingga cokelat dan mentega benar-benar meleleh dan tercampur rata. Angkat dari panas dan biarkan agak dingin.
  3. Dalam mangkuk terpisah, kocok telur dan gula pasir hingga mengental dan berwarna kuning pucat.
  4. Tuangkan adonan cokelat leleh ke dalam adonan telur dan gula. Aduk rata.
  5. Campurkan tepung terigu, bubuk kakao, baking powder, dan garam. Ayak campuran ini ke dalam adonan cokelat. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur sempurna dan membentuk adonan yang halus.
  6. Diamkan adonan dalam lemari es selama sekitar 15-30 menit atau hingga adonan cukup keras untuk dibentuk menjadi bola-bola.
  7. Ambil sejumput adonan dan gilas di telapak tangan hingga membentuk bola-bola berukuran sedang. Letakkan bola-bola ini di atas loyang yang telah disiapkan dengan jarak antar bola agar tidak saling menempel.
  8. Panggang bola-bola cokelat di dalam oven yang telah dipanaskan selama sekitar 10-12 menit atau hingga permukaannya mulai mengeras, tetapi bagian dalamnya masih lembut.
  9. Setelah matang, keluarkan loyang dari oven dan biarkan bola-bola cokelat dingin sejenak sebelum dihidangkan. Taburi dengan gula halus atau bubuk kakao sebelum disajikan.
Baca juga:  Seni Bungkus Daun Pisang Pemalang "Ada Makna Filosofi Hidup"

Bola-bola cokelat legit siap untuk dinikmati! Anda bisa menyajikannya sebagai camilan manis saat bersantai di rumah, hidangan penutup setelah makan malam, atau sebagai hadiah istimewa bagi orang terkasih, Selamat menikmati!. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait