website statistics
21.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 6:22:50 WIB

Cara Membuat Kue Salju yang Lezat dan Mudah di Rumah

detikNews.co.id |Membuat kue adalah kegiatan yang menyenangkan dan bisa menjadi hobi yang mengasyikkan. Salah satu jenis kue yang bisa dibuat adalah kue salju. Kue salju adalah kue kecil yang mirip dengan bola salju, dengan permukaan yang ditaburi gula halus sehingga terlihat seperti salju.

Bahan-bahan:

  • 150 gram mentega
  • 50 gram gula tepung
  • 150 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung maizena
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • Gula halus secukupnya untuk taburan

Berikut adalah poin-poin cara membuat kue salju yang bisa diikuti.

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu mentega, gula tepung, tepung terigu, tepung maizena, vanili bubuk, dan gula halus untuk taburan.
  2. Kocok mentega dan gula tepung dengan mixer hingga lembut dan pucat. Hal ini dilakukan agar kue salju nantinya tidak terlalu keras.
  3. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, dan vanili bubuk. Ayak bahan-bahan tersebut ke dalam adonan mentega. Aduk rata dengan spatula hingga adonan tercampur dengan baik. Hal ini dilakukan agar adonan tidak menggumpal dan kue salju nantinya empuk dan lembut.
  4. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil sebesar bola pingpong. Ini adalah bentuk kue salju yang khas, namun bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
  5. Susun bulatan adonan di atas loyang yang telah dialasi kertas baking. Pastikan jarak antar bulatan adonan cukup agar nanti tidak menempel satu sama lain. Hal ini dilakukan agar kue salju tidak meleleh dan menempel saat dipanggang.
  6. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat Celsius. Ini adalah suhu yang ideal untuk memanggang kue salju, namun bisa disesuaikan dengan jenis oven yang digunakan.
  7. Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama 25-30 menit atau hingga kue mulai kekuningan. Hal ini dilakukan agar kue salju matang sempurna dan tidak terlalu keras.
  8. Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan dinginkan sejenak. Ini dilakukan agar kue salju tidak hancur atau rapuh saat diangkat dari loyang.
  9. Taburi gula halus secukupnya di atas kue salju yang sudah dingin. Jangan lupa untuk menaburkan gula halus di atas meja atau piring tempat menyimpan kue salju agar kue tidak menempel. Hal ini dilakukan agar kue salju terlihat seperti bola salju yang ditaburi gula halus.
  10. Kue salju siap disajikan. Simpan dalam wadah kedap udara agar tetap renyah dan enak. Kue salju bisa disajikan bersama dengan teh atau kopi, atau bisa juga dijadikan sebagai camilan kapan saja.
Baca juga:  Resep Nasi Goreng Keju dan Daging Asap: Gurih Lezatnya Spesial

Dalam membuat kue salju, hal yang paling penting adalah konsistensi adonan. Adonan yang terlalu lembek atau terlalu keras dapat membuat kue salju tidak enak. Selain itu, pastikan oven dalam kondisi bersih dan dalam suhu yang tepat agar kue salju matang dengan baik. Jangan lupa untuk menaburi gula halus di atas kue. (Sl)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait