website statistics
25.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 20:46:32 WIB

Cara Mengusir Ular yang Efektif: Bukan dengan Garam!

Jakarta | detikNews – Kepercayaan bahwa garam dapat mengusir ular ternyata hanya mitos belaka. Ular tidak akan menunjukkan respons atau pergi dari lingkungan rumah karena garam. Meskipun garam dapat digunakan untuk mengusir hewan-hewan berlendir seperti siput, keong, dan bekicot, hal ini tidak efektif untuk mengusir ular.

Ular tidak berlendir, sehingga garam tidak memiliki efek osmosis pada tubuhnya. Jadi, bagaimana cara mengusir ular dari lingkungan rumah kita? Sebuah studi yang dikutip dari laman Oklahoma State University menyarankan agar kita tidak perlu takut pada ular, asalkan kita tahu mana yang berbisa dan mana yang tidak.

Baca juga:  Resep Tumis Kangkung Praktis dengan Rasa yang Menggoda Lidah

Jika kita melihat ular yang tidak berbisa, maka sebaiknya kita membiarkannya selama tidak mengganggu lingkungan manusia. Begitu pula dengan ular berbisa, kita harus lebih hati-hati dan menjaga jarak yang aman dari ular tersebut.

Sebagian besar serangan ular terjadi karena situasi di mana pemilik rumah tidak melihat ular dan meletakkan bagian tubuh di tempat yang menjadi ancaman bagi ular, seperti di semak-semak, pojok rumah yang jarang disentuh, atau tempat lain.

Baca juga:  Kebakaran Heboh di Asrama Polri: Kasur Bekas Terbakar, Respons Cepat 20 Petugas Damkar

Dalam upaya mengusir ular dari lingkungan rumah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Asap dapat menjadi cara yang efektif untuk mengusir ular karena asap dapat mengganggu indera penciuman ular. Kita dapat membakar kayu dan membiarkan asap menyebar di sekitar lingkungan rumah.

Selain itu, aroma yang menyengat seperti bubuk belerang, cengkeh, kayu manis, dan cuka juga dapat membantu mengusir ular karena bau yang tidak disukai oleh ular. Zat-zat tersebut juga dapat diberikan di sekeliling rumah yang dilintasi oleh aktivitas ular.

Baca juga:  Bubur Pedas Kalimantan: Nikmatnya Sentuhan Pedas di Setiap Sendokan

Namun, jika kita kesulitan mengusir ular dari lingkungan rumah kita, maka penting untuk meminta bantuan dari pawang ular, petugas keamanan, komunitas sosial, atau tim pemadam kebakaran.

Kita harus mengingat bahwa ular adalah hewan yang waspada dan tidak mudah menyerang manusia. Mereka lebih cenderung bertahan daripada menyerang. Oleh karena itu, kita harus tetap berhati-hati ketika berada di lingkungan yang mungkin menjadi habitat bagi ular.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait