website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 6:20:54 WIB

Destinasi Wisata Ujung Aspal Membuat Purwakarta Makin Istimewa

Purwakarta | detikNews – Jika anda berkesempatan berkunjung ke Kabupaten Purwakarta, bersiap-siaplah anda enggan pulang karena terpesona dengan keindahan alamnya, tertarik menikmati produk-produk kulinernya serta terpikat dengan produk-produk seni budaya dan berbagai produk seni kerajinannya.

Ya, Purwakarta memang istimewa. Destinasi wisatanya mampu memukau siapapun yang datang ke Purwakarta. Datang berwisata ke Purwakarta akan menjadi pengalaman yang sangat berharga dan wisatawan akan selalu terkenang hingga ingin datang kembali.

“Destinasi wisata Purwakarta memang istimewa. Kami akan terus berbenah dan meningkatkan kualitas berbagai destinasi wisata yang ada, sehingga bisa memanjakan para wisatawan. Kami ingin para wisatawan yang datang ke Purwakarta merasa berada dirumah sendiri yang indah dan nyaman,” kata Bupati Anne Ratna Mustika, Sabtu (08/04/2023)

“Kabupaten Purwakarta memang dikenal sebagai salah satu daerah destinasi utama pariwisata di Jawa Barat,” tambahnya.

Lebih detaik di ungkapkan nya, Kabupaten Purwakarta sedikitnya memiliki 62 destinasi wisata, 30 diantaranya wisata alam dan buatan. Selebihnya meliputi wisata kuliner, religi dan edukasi.

Baca juga:  Kolam Renang "RA" di Pemalang: Wisata Air Baru dengan Fasilitas Luar Biasa

“Kita punya keanekaragaman destinasi wisata yang luar biasa. Itu bisa menjadi modal luar biasa untuk membangun Purwakarta dan mensejahterakan masyarakat,”tutur Bupati yang akrab dipanggil Ambu Anne tersebut.

Sebagai daerah yang lokasinya strategis karena di apit oleh dua Ibu Kota, Kota Bandung dan DKI Jakarta, sambungnya, Kabupaten Purwakarta memiliki geografis dengan panorama alam yang indah nan menyejukan mata.

“Dengan ditopang oleh infrastruktur jalan yang baik menuju tempat wisata, beberapa tempat wisata cocok di kunjungi sambil menunggu waktu berbuka puasa atau berakhir pekan bersama keluarga,” pungkasnya.

Seperti di ketahui, khusus selama bulan puasa hinggga lebaran mendatang, tercatat sejumlah destinasi wisata di Purwakarta yang dapat dipertimbangkan untuk dikunjungi. diantaranya adalah : Ada Jalur Lingkar Timur Purwakarta yang dibangun sejak 2019 lalu, yang menghubungkan Kecamatan Cibatu, Campaka, dan Bungursari terkoneksi dengan wilayah selatan Purwakarta seperti Kiarapedes, Wanayasa dan Pondoksalam, selain mempercepat mobilisasi antar warga karena harus memutar ke pusat kota Purwakarta, juga telah menumbuhkan sektor pariwisata di daerah tersebut.

Baca juga:  Satgas Percepat Sosialisasi UU Cipta Kerja: Perppu Cipta Kerja Berperan Penting dalam Mendukung Perkembangan Parekraf di Bali

Lalu ada juga daerah wisata Lingkar Selatan yang sayang sekali dilewatkan ketika berkunjung ke Purwakarta yakni, Bukit Cinta, Kebon Ambu dan Ujung Aspal.

Bukit Cinta Wanawali atau yang lebih akrab bagi warga sekitar adalah Tacin (Tanjakan Cinta) sebutan tersebut disematkan karena terdapat pada lokasi dengan kontur tanah yang menanjak menyerupai perbukitan dan memiliki suasana sejuk.

Bukit cinta mengandung filosofi yang dalam nama desanya yaitu Wana (hutan) dan Wali (pelindung) dapat disimpulkan menjadi hutan pelindung desa.

Bukit Taman Cinta Ujung Aspal

Bukit cinta terletak di Desa Wanawali Kecamatan Cibatu. Tempat wisata ini di kelola oleh unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Lokasinya cukup tersembunyi dan bebas dari kebisingan kendaraan serta industri.

Baca juga:  Soal Perubahan Anggaran 2023, H. Elan Sofyan Dukung Aksi Wartawan Purwakarta

Sejauh mata memandang, pariwisata tersebut menyajikan keindahan alam hutan jati dan perkebunan pertanian di atas bukit. Suasana yang sejuk nan asri menjadikan wisata ini ramai didatangi untuk ngabuburit, apa lagi saat akhir pekan. Wisatawan selalu ramai berwisata di daerah tersebut.

Selain menawarkan keindahan panorama alam, daerah tersebut juga menawarkan berbagai prodak UMKM setempat sebagai oleh-oleh. Seperti kripik singkong, kripik pisang dan yang menarik yakni makanan tradisional seperti Bala-bala (bakwan) dari buah pepaya.

Selain Bukit Cinta, terdapat juga destinasi wisata Ujung Aspal Purwakarta yang  terletak di kawasan hutan pinus dan dikelola oleh Perhutani, yakni berada  di Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta.

Suasana hutan pinus yang asri di Ujung Aspal Wanayasa memang menawan hati. Pemandangan deretan pinus tinggi tampak mempesona sekaligus meneduhkan mata dan pikiran. Tidak heran jika tempat ini juga jadi primadona sebagai lokasi berfoto. (che)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait