website statistics
27.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 11:52:16 WIB

Dinkes Kota Bogor Gelar Sub PIN untuk Cegah Penyakit Polio pada Anak Balita

Bogor | detikNews – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor sedang mengadakan Sub PIN (Pekan Imunisasi Nasional) selama satu minggu ke depan dengan tujuan untuk melindungi anak-anak balita dari penyakit Polio. Vaksinasi sudah dimulai sejak Senin (3/4/2023) dan akan terus berlangsung hingga Minggu (9/4/2023) mendatang.

Menurut Bai Kusnadi, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Bogor, sasaran dalam vaksinasi ini adalah anak-anak balita usia 0-59 bulan yang sudah maupun belum mendapat vaksin polio. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa seluruh balita di Kota Bogor mendapatkan vaksin polio secara maksimal. Dalam hal ini, ada sekitar 84.983 anak yang harus divaksin polio di Kota Bogor.

Baca juga:  Kelewat Percaya Diri? Mungkin Ada Trauma di Balik Gangguan Kepribadian Narsistik (NPD)

“Sub PIN kami laksanakan di 981 Posyandu, 22 Rumah Sakit, 96 Satuan Pendidikan (PAUD dan TK), dan 3 di Pos Pelayanan lainnya. Total Pos pelaksanaan Sub PIN Polio di Kota Bogor adalah 1102 pos. Jenis vaksin yang digunakan dalam Sub PIN Polio adalah nOPV 2 produksi dari PT. Biofarma yang diberikan dengan 2 tetes”, ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Bogor, Selasa 4/4/2023.

Bai berharap bahwa program Sub PIN ini bisa mencapai cakupan vaksin sebesar 95 persen di setiap putarannya. Vaksin polio yang digunakan adalah nOPV 2 produksi dari PT. Biofarma yang diberikan dalam 2 tetes. Pelaksanaan Sub PIN Polio di Kota Bogor dilakukan di 981 Posyandu, 22 Rumah Sakit, 96 Satuan Pendidikan (PAUD dan TK), dan 3 Pos Pelayanan lainnya. Total Pos pelaksanaan Sub PIN Polio di Kota Bogor adalah 1102 pos.

Baca juga:  Cara Ampuh agar Tidak Ngantuk saat Bangun Pagi dan Tetap Berenergi Sepanjang Hari

Bai mengimbau para orang tua untuk membawa anak-anaknya ke sentra-sentra vaksin karena penyakit polio bisa menyebabkan kelumpuhan permanen pada anak-anak. Bahkan anak-anak yang bisa diselamatkan pun akan mengalami kecacatan seumur hidup yang akan berdampak pada produktivitas mereka. Sampai saat ini belum ada obat definitif yang dapat mematikan virus polio, sehingga imunisasi adalah satu-satunya cara untuk mencegah penyakit ini.

Baca juga:  Dedie A. Rachim Dorong Inovasi dalam Penanganan Stunting di Kota Bogor untuk Membangun Generasi Berkualitas

Bai juga mengajak Camat, Lurah, RW, RT, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk terlibat aktif dalam mensosialisasikan Sub PIN dan memobilisasi masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi polio tersebut.

Sub PIN akan diadakan lagi pada putaran kedua setelah interval 1 bulan dari putaran pertama pada bulan Mei 2023. Penting bagi seluruh orang tua untuk memahami pentingnya imunisasi dan melindungi anak-anak mereka dari virus polio.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait