website statistics
23.4 C
Indonesia
Tue, 25 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Tuesday, 25 June 2024 | 0:36:28 WIB

Duduk Terlalu Lama: Dampak Serius Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Depok | detikNews – Duduk terlalu lama bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan tubuh manusia. Kebiasaan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas dan penyakit kardiovaskular. Bagi mereka yang sering menghabiskan waktu lebih dari delapan jam sehari dalam posisi duduk dan jarang berolahraga, risiko kematian yang mereka hadapi dapat sebanding dengan risiko yang dialami oleh penderita obesitas dan perokok.

Salah satu efek buruk duduk terlalu lama adalah melambatnya metabolisme tubuh. Ketika seseorang terlalu lama dalam posisi duduk, tubuhnya akan mengalami penurunan tingkat metabolisme. Hal ini akan mengganggu kemampuan tubuh dalam mengatur gula darah, tekanan darah, dan memecah lemak. Akibatnya, masalah kesehatan yang lebih serius dapat timbul, termasuk risiko terkena diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Baca juga:  Pemetaan Zona Hitam dan Merah Bencana di Kota Bogor: Ribuan Warga Akan Dipindahkan demi Keamanan

Untuk mencegah dampak buruk dari duduk terlalu lama, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, penting untuk membatasi waktu yang dihabiskan dalam posisi duduk. Memberikan jeda secara teratur dan melakukan aktivitas fisik ringan seperti berdiri, berjalan-jalan, atau melakukan peregangan dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan akibat duduk terlalu lama.

Selain itu, berolahraga secara teratur juga penting untuk menghindari efek negatif duduk terlalu lama. Disarankan untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya selama 150 menit per minggu. Dengan rutin berolahraga, tubuh dapat membakar kalori dengan lebih efisien, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan energi, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga:  Manfaat Menakjubkan Air Kelapa Hijau dalam Mencegah Dehidrasi dan Meningkatkan Kesehatan

Olahraga tidak hanya membantu mengurangi risiko penyakit akibat duduk terlalu lama, tetapi juga memiliki manfaat positif lainnya. Aktivitas fisik teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat otot dan tulang, serta meningkatkan kesehatan mental dan kualitas tidur. Oleh karena itu, penting untuk memprioritaskan waktu untuk bergerak dan berolahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Baca juga:  Persiapan Penuh Dinkes Depok Menuju Sub PIN Polio Putaran Kedua pada 22 Mei

Dalam kesimpulan, duduk terlalu lama dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan penurunan metabolisme, mengganggu regulasi gula darah dan tekanan darah, serta meningkatkan risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular. Untuk mencegah efek negatif ini, disarankan untuk membatasi waktu duduk, memberikan jeda secara teratur, dan berolahraga secara teratur. Dengan mengadopsi gaya hidup yang aktif dan sehat, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko masalah kesehatan yang disebabkan oleh duduk terlalu lama. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait