website statistics
28.4 C
Indonesia
Tue, 30 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Tuesday, 30 April 2024 | 12:20:14 WIB

Evakuasi Berhasil! 390 WNI yang Terdampar di Sudan Segera Dipulangkan ke Indonesia Hari Ini

Jakarta | detikNews – Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, mengumumkan bahwa sebanyak 390 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan akan dipulangkan ke Tanah Air hari ini. Namun, ia menekankan bahwa situasi di lapangan selalu dinamis, dan rencana bisa berubah sesuai dengan perkembangan kondisi terbaru, Kamis (27/4/2023).

Menurut informasi yang diterima oleh Menteri Retno, 390 WNI tersebut rencananya akan tiba di Indonesia pada besok pagi dan akan dijemput oleh pihak berwenang di bandara. Menteri Retno sendiri akan hadir langsung di bandara untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada para WNI yang dievakuasi.

Baca juga:  12 Isu Strategis Dirumuskan Dalam Renja DLHK Kota Depok 2024

Namun, Menteri Retno juga mengungkapkan bahwa beberapa WNI menolak dievakuasi karena alasan keluarga, terutama mereka yang sudah menikah dengan warga negara Sudan. Pemerintah menghormati keputusan mereka untuk tinggal bersama keluarga barunya di Sudan.

Menteri Retno juga memberikan informasi terbaru bahwa sejauh ini sudah ada 557 WNI yang berhasil dievakuasi dari Sudan dan sampai di Jeddah. Pemerintah akan melakukan evakuasi tahap kedua untuk membawa 328 WNI yang masih berada di Sudan. Beberapa dari mereka sudah menuju Jeddah.

Baca juga:  Mengawal Sampai Tiba di Tanah Air: Pesan HNW Terkait Evakuasi WNI dari Sudan

Evakuasi tahap kedua ini akan dilakukan dengan menggunakan kapal laut dan pesawat TNI Angkatan Udara yang baru tiba di Jeddah. Menteri Retno berharap evakuasi tahap kedua ini dapat berjalan dengan lancar dan seluruh WNI dapat kembali ke Tanah Air dengan selamat.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait