website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 11:02:00 WIB

Ganjar Pranowo dan Wayan Koster Tandatangani Kerjasama Seni, Disaksikan Megawati

Bali | detikNews – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Gubernur Bali, Wayan Koster, telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) di bidang kesenian. Acara ini diselenggarakan di Ballroom Prime Plaza Hotel, Sanur, Denpasar, Bali, pada Jumat (16/6/2023), dan dihadiri oleh mantan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri.

Pada acara tersebut, Ganjar dan Koster secara simbolis menandatangani MoU setelah itu memegang wayang kulit sebagai representasi kerja sama yang mereka lakukan. Ketua DPP PDIP, Prananda Prabowo, juga hadir dalam acara tersebut.

Baca juga:  Cabor Tarung Derajat Raih Prestasi Gemilang: Atlit Pertama yang Sumbang Medali untuk Kontingen Kabupaten Pemalang di Porprov Jateng XVI 2023

Dalam pidatonya, Ganjar menyatakan pentingnya kerja sama antara Jawa Tengah dan Bali di bidang kesenian. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan mengembangkan budaya.

Tidak hanya dalam bidang kesenian, Ganjar juga berharap kerja sama yang ada dapat memberikan manfaat bagi rakyat. Diharapkan kerja sama tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kolaborasi antara dua daerah ini merupakan harapan kita untuk mensejahterakan masyarakat. Ada seni, ada budaya, ada pariwisata, ada ekonomi, yang jelas, fondasi budayanya tidak boleh kita tinggalkan,” ujar Ganjar di lokasi pada Jumat (16/6).

Baca juga:  Rayakan Hari Jadi Ke-25, Srikandi Gerindra Kota Depok Sebut : 'One Important Thing to Take Note'

Ganjar juga menyebutkan bahwa budayawan dari Jawa Tengah dan Bali akan berdiskusi untuk mengembangkan kerja sama yang ada.

“Inilah yang kami kreasikan. Pertemuan hari ini sangat penting. Sama halnya dengan Pak Wayan Koster, kami telah berdiskusi antara para budayawan dari Jawa Tengah dan Bali untuk berinteraksi dan mengembangkan hal tersebut,” katanya.

Sejalan dengan itu, Gubernur Bali, Wayan Koster, menyebutkan bahwa budaya Jawa Tengah dan Bali memiliki kemiripan satu sama lain. Koster berpesan kepada masyarakat untuk terus memelihara dan memperkuat kebudayaan yang ada.

Baca juga:  Gubernur Bali Wayan Koster Enggan Berkomentar Soal Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20

“Jangan biarkan peradaban ini punah karena kehancuran peradaban atau merusak pilar-pilar kehidupan masyarakat. Dalam konteks ini, diperlukan langkah strategis untuk merajut kembali hubungan budaya Jawa dan Bali agar dapat bangkit kembali dalam memperkokoh kebudayaan nusantara yang ber-Bhinneka Tunggal Ika,” tambahnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait