website statistics
24.4 C
Indonesia
Mon, 29 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Monday, 29 April 2024 | 9:54:12 WIB

H. Bambang Sutopo Soroti Pendidikan di Kota Depok, Berikut Ulasannya

Depok | detikNews – Acara Ngopi ( Ngobrol Pendidikan Islam) yang dihelat pada tanggal 3 Oktober 2023 di Hotel Santika, Margonda Depok menjadi sebuah panggung dialog yang menggabungkan kebijakan dan pengalaman lapangan. Bersama  Hj. Nurazizah Tamhid, MA, Anggota DPR RI Komisi VIII, dan H. Bambang Sutopo, Tokoh Pendidikan di Kota Depok sebagai Moderator acara ini menandai langkah konkret menuju perubahan dalam dunia pendidikan Islam.

H.Bambang Sutopo, dengan tegas, menyatakan bahwa Ngobrol Pendidikan Islam ini bukan hanya sekadar wadah perbincangan, melainkan sebuah tonggak nyata menuju transformasi. Dalam konteks ini, kehadiran para penyuluh agama dan KUA Kementerian Agama Kota Depok serta Provinsi Jawa Barat diharapkan mampu menciptakan sinergi kuat dalam mengatasi tantangan pendidikan Islam.

Baca juga:  Pengurus Yayasan Perguruan Islamiyah Kotapinang Periode 2022 - 2026 Bersilaturahmi Dengan Kepsek dan Tenaga Pengajar 

“Mari bersama-sama menggali solusi, merancang perubahan, dan mengukuhkan komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam di tanah air. Dengan begitu, kita bukan hanya menyaksikan perubahan, tetapi juga menjadi agen perubahan yang membimbing generasi masa depan ke arah yang lebih baik,” ujar H. Bambang, memberikan arah dan semangat bagi seluruh peserta Ngopi.

H. Bambang juga menyoroti permasalahan dalam dunia pendidikan yang kerap kali timbul akibat persepsi bahwa pendidikan anak-anak adalah tanggung jawab sepenuhnya lembaga pendidikan atau sekolah, padahal tidak sepenuhnya seperti itu.

Oleh karena itu, Bambang menekankan bahwa ini bukan semata-mata tugas para guru di lembaga pendidikan atau sekolah, namun pembentukan karakter dan peran orangtua dalam mendidik anak-anaknya sangatlah penting dan tidak bisa diabaikan.

Baca juga:  Respon Cepat Penanganan DBD, H.Imam Musanto Berikan Anggaran Pokirnya Untuk Pembuatan Drainase yang Layak

“Sinergi dan kolaborasi antara pembuat kebijakan/regulasi di pusat dan daerah menjadi kunci penting, serta implementasinya. Hal ini memastikan bahwa masalah-masalah yang muncul seperti pembullyan, pergaulan bebas dapat diantisipasi dan diatasi dengan baik,” tuturnya.

Acara Ngopi Pendidikan Islam yang dihadiri oleh Hj. Nurazizah Tamhid, MA, Anggota DPR RI Komisi VIII, bersama dengan para tokoh pendidikan Islam seperti H. Ade Firmansyah, Anggota DPRD Kota Depok, KH. Dr. Ahmad Nawawi dari MUI Depok, dan berbagai tokoh pendidikan Islam di Kota Depok, menjadi momentum penting dalam mengatasi permasalahan pendidikan Islam.

Ngopi Pendidikan Islam bukan sekadar forum perbincangan, tetapi sebuah upaya nyata untuk menciptakan perubahan. H. Bambang Sutopo mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengukir solusi, merancang perubahan, dan mengokohkan komitmen demi meningkatkan kualitas pendidikan Islam di tanah air.

Baca juga:  Awas Kena Tilang, Stasiun Uji Emisi Hadir di Bella Casa Depok

“Marilah kita sambut dan nikmati secangkir kopi sembari meresapi makna mendalam dari Ngopi Pendidikan Islam. Sebagaimana firman Allah dalam Surah Ar-Ra’du (13:11), “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah kondisi kita atau generasi kita kecuali kita sendiri yang mau merubahnya.” Dan dalam Surah An-Nisa (4:9), “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang, sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka, yang mereka khawatir terhadap kesejahteraannya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka ‘bertakwa kepada Allah’, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar,” tutup H.Bambang Sutopo. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait