website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 2:21:56 WIB

IMAC 2024 ILUNI UI Membuka Peluang Film Pendek di Lampung

Lampung | detikNews – Creative Industry Hub ILUNI UI (CIHUI), bagian dari Ikatan Alumni Universitas Indonesia, telah menggelar ILUNI UI Movie Award Competition (IMAC) 2024. Festival Film Pendek ini bertujuan untuk memberikan platform kepada pembuat film muda dalam mengekspresikan ide-ide mereka tentang harmoni dalam masyarakat yang beragam.

Dengan tema ‘Harmoni Dalam Kebhinekaan’, IMAC 2024 mengundang kreativitas dari mahasiswa dan masyarakat umum, dengan target mengumpulkan 200 film. Rangkaian acara melibatkan kompetisi film pendek, nonton bareng film-film, dan workshop di berbagai kota Indonesia, serta malam penganugerahan.

Baca juga:  Penganiayaan dan Paksaan Telanjang, 2 ART di Lampung Laporkan Majikan ke Polisi

Salah satu workshop baru-baru ini diadakan pada 26 Januari 2024, bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Tema workshop “Fundamental of Movie Production” membawa ratusan peserta, mahasiswa-mahasiswi yang antusias belajar dari Johansyah Jumberan, Produser, Penulis Naskah, dan Sutradara Film Saranjana. Workshop ini dipimpin oleh Sekjend ILUNI UI, Ahmad Fitrianto, dan Ketua IMAC 2024, Sri Bandoro.

Acara ini mendapatkan dukungan dari Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung, Arena Lestari, Ph.D. Ahmad Fitrianto menyatakan kebahagiaannya atas dukungan dari kreator-kreator cerdas Lampung, menegaskan komitmen Ikatan Alumni UI untuk memajukan industri kreatif dari berbagai sentra pendidikan di seluruh Indonesia.

Baca juga:  Mbah Slamet Serial Killer: Pasangan Suami Istri Asal Lampung Menjadi Korban Pembunuhan Berencana

Rektor Universitas Muhammadiyah Pringsewu, Arena Lestari, menyatakan bahwa acara ini merupakan peluang bagus bagi pelajar untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam industri perfilman Indonesia. Ia mengajak para pelajar untuk mengangkat budaya Lampung sebagai sesuatu yang unik dan membedakan daerah tersebut dari yang lain.

Johansyah Jumberan, Produser, Penulis Naskah, dan Sutradara Film Saranjana, mendukung tema kebhinekaan sebagai identitas utama IMAC 2024. Ia mendorong penggunaan bahasa daerah dan memahami budaya lokal sebagai nilai penting dalam pembuatan film.

Baca juga:  Bupati Garut Berikan Penghargaan Istimewa untuk Para Penghafal Al-Qur'an

Sri Bandoro Siswayudha, Wakil Ketua Center CIHUI dan Ketua IMAC 2024, menambahkan bahwa CIHUI berperan sebagai pioneer untuk mempercepat pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. IMAC, sebagai kompetisi film, berkolaborasi dengan sineas Indonesia dan mengadakan workshop dengan harapan peserta dapat belajar langsung dari profesional di bidang film.

Rangkaian workshop ini akan dilanjutkan di beberapa kota besar lainnya di Indonesia dengan dukungan penuh dari narasumber profesional di dunia film dan alumni Universitas Indonesia yang merupakan bagian dari keluarga besar IMAC 2024. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait