website statistics
25.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 17:25:26 WIB

Jakarta Berpolusi-Macet, Legislator PDIP Dorong LRT Segera Beroperasi untuk Mengurangi Kemacetan dan Polusi

Jakarta | detikNews – Anggota Komisi B DPRD DKI Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak, mengkritik situasi ‘paket lengkap’ yang terjadi di wilayah ibu kota belakangan ini, yang ditandai oleh cuaca panas dan kemacetan. Gilbert menyoroti pentingnya mengantisipasi polusi dan kemacetan di Jakarta.

Menurut Gilbert, cuaca panas dan kemacetan di Jakarta akan semakin menjadi masalah dalam beberapa hari mendatang karena panas yang terperangkap oleh awan polusi. Dalam kondisi seperti ini, suasana akan menjadi semakin panas, dan hal ini harus diantisipasi.

Baca juga:  Penggodokan Regulasi Jam Kerja DKI Masih Berlangsung, Polisi Akan Melakukan Survei Opini Minggu Depan

Gilbert juga menyoroti transportasi LRT yang jalurnya telah dibangun, namun masih terhambat dalam operasionalnya. Menurutnya, prioritas utama adalah mempercepat operasional LRT, yang diyakini akan membantu menekan kemacetan.

“LRT sudah memiliki jalur, namun masih terlihat mandek dan tanpa kemajuan dalam beberapa bulan ini. Jalur yang belum selesai, serta kereta yang tidak ada kejelasan operasional, meski sudah tertunda berbulan-bulan,” ujar Gilbert.

Baca juga:  ASDP Ungkap 116.255 Mudik Asal Sumatera Belum Kembali ke Pulau Jawa

Untuk mengurangi pemanasan di Jakarta, Gilbert menyarankan mengurangi mobil yang masuk ke Jakarta dari daerah sekitar. Gilbert berharap Kementerian Perhubungan dapat memprioritaskan operasional LRT untuk membantu mengatasi kemacetan di ibu kota.

Sebelumnya, LRT Jabodebek dijadwalkan akan mulai beroperasi pada tanggal 12 Juli 2023. Namun, sampai saat ini belum ada kejelasan mengenai penetapan tarif transportasi massal tersebut. Manager Public Relation KAI Divisi LRT Jabodebek, Kuswardojo, menyatakan bahwa sebetulnya aturan menyatakan bahwa tarif harus ditetapkan dan diumumkan ke masyarakat tiga bulan sebelum operasional LRT Jabodebek dimulai. Namun, sampai saat ini masih menunggu kepastian dari Kementerian Perhubungan mengenai hal tersebut. Kuswardojo menyatakan bahwa pihaknya telah mengajukan usulan tarif sejak lama, namun belum ada kejelasan mengenai penetapan tarif.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait