website statistics
26.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 18:21:25 WIB

Kapolri Sebut, Kebijakan One Way Diperpanjang Hingga Tengah Malam WIB untuk Mengatasi Kepadatan Mudik Lebaran 2023

Jakarta | detikNews – Kebijakan one way atau arah tunggal dari Tol Cipali hingga Tol Kalikangkung diperpanjang hingga pukul 24.00 WIB tengah malam nanti sebagai respons terhadap kepadatan arus lalu lintas kendaraan pemudik dari Jakarta ke Semarang hari ini. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa kebijakan tersebut diperpanjang setelah melihat peningkatan jumlah kendaraan yang mengarah dari Jakarta ke arah Semarang, dengan volume mencapai 5.300 hingga 5.800 kendaraan per jam.

“Seperti yang tadi malam kita tahu kemarin hari terakhir dan masyarakat libur sehingga kita prediksi bahwa akan ada peningkatan yang melaksanakan mudik”, ucap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau mudik di Pelabuhan Tanjung Perak, Jawa Timur, Rabu 19/4/2023.

Baca juga:  Inovasi "Samsore" Samsat Soreang Bandung

Awalnya, kebijakan one way diatur berakhir pada Selasa (18/4) pukul 24.00 WIB. Namun, secara bertahap kebijakan itu diperpanjang hingga tengah malam nanti, Rabu (19/4/2023). Sigit menjelaskan, bahwa peningkatan volume kendaraan yang tinggi di atas kapasitas maksimal yang ditetapkan membuat pihak Kepolisian memutuskan untuk memperpanjang kebijakan one way tersebut.

Sigit juga menjelaskan, bahwa rekayasa lalu lintas one way yang dilakukan masih berjalan dengan baik, dan belum terjadi kemacetan panjang hingga siang hari ini. Masyarakat cenderung memilih waktu setelah sahur atau setelah buka puasa untuk melakukan perjalanan, sehingga volume kendaraan meningkat pada jam-jam tersebut. Namun, pemudik dari arah barat ke timur tetap bisa berjalan dengan lancar sesuai rekayasa lalu lintas yang telah diterapkan.

Baca juga:  Prakiraan Cuaca : Depok Akan Diguyur Hujan Pada Hari Minggu 19 Maret 2023

“Memang masyarakat juga cenderung memilih setelah sahur atau malam setelah buka puasa sehingga jam-jam tersebut ada peningkatan. Yang paling utama bahwa sampai saat ini pemudik khususnya dari arah barat ke timur semuanya tetap bisa berjalan dengan rekayasa yang kita laksanakan”, terang Sigit.

Polisi memperpanjang waktu kebijakan one way yang sebelumnya direncanakan berakhir pada siang hari ini. Rekayasa lalu lintas one way diperpanjang hingga tengah malam nanti, Rabu, 19 April 2023. detikcom juga mengundang pembaca untuk berbagi cerita dan pengalaman selama menjalani mudik pada Lebaran Idul Fitri 2023.

Baca juga:  Antisipasi Kecelakaan Saat Mudik, Plt Bupati Bogor Pantau Jalur Puncak dan Bangun Pos Jaga Lalu Lintas

“Rekayasa lalu lintas one way di hari kedua mudik, yang dijadwalkan selesai pada pukul 12.00 WIB hari ini, masih akan terus dilanjutkan”, ujar Kepala Bagian Operasi Korps Lalu Lintas (Kabag Ops Korlantas) Polri Kombes Eddy Djunaedi kepada wartawan, Rabu (19/4/2023).

“Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Rabu, 19 April 2023, pukul 24.00 WIB”, imbuh dia.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait