website statistics
26.4 C
Indonesia
Mon, 29 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Monday, 29 April 2024 | 11:57:05 WIB

Kedua Siswa Kota Depok Terpilih Sebagai Capaska, Siap Mengibarkan Bendera Sang Saka Merah Putih di Bandung

Depok | detikNews – Dua siswa Calon Paskibraka (Capaska) telah berhasil terpilih untuk mewakili Kota Depok dalam mengibarkan Bendera Sang Saka Merah Putih di Bandung, Provinsi Jawa Barat, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. Kedua siswa tersebut adalah Sultan Aufa Razan dari SMAN 1 Depok dan Sharlin Keysa Fatiha dari SMA Putra Bangsa.

Proses seleksi Capaska telah dilaksanakan pada bulan Januari sebelumnya dengan proses yang sangat ketat. Mereka diseleksi dari 29 SMA/sederajat di Kota Depok. Sebanyak 44 Capaska berhasil terpilih melalui proses seleksi tersebut, dan dari jumlah tersebut, empat orang di antaranya dikirim untuk mengikuti seleksi Capaska tingkat Provinsi Jawa Barat.

Baca juga:  Pelaku Asusila Terhadap Ketiga Anak Kandung di Luwu Divonis Penjara Seumur Hidup

Lienda Ratnanurdianny, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depok, mengungkapkan bahwa dua dari empat Capaska yang dikirim berhasil terpilih dan lulus untuk mewakili Provinsi Jawa Barat. Saat ini, mereka sedang menjalani Pelatihan Baris Berbaris (PBB) di Depok sebagai persiapan sebelum mengibarkan bendera di Bandung.

“Alhamdulillah, dari empat Capaska yang dikirim, ada dua orang yang terpilih dan lulus ke Provinsi Jawa Barat. Mereka akan mengibarkan bendera di Bandung. Untuk sementara ini, keduanya melakukan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) di Depok,”ujar Lienda Ratnanurdianny, Senin (24/07/23)

Baca juga:  Keluarga Besar Yayasan Al Istiqamah Depok II Tengah Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1445 H

Pada tanggal 31 Juli 2023, akan dilakukan pelepasan Capaska Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti pemusatan latihan di sana, sementara sisanya akan mengibarkan bendera di Kota Depok. Dari 42 Capaska yang terpilih, mereka akan diresmikan pada 15 Agustus 2023. Pelatihan Capaska telah berlangsung selama dua bulan sebelumnya.

Menariknya, berdasarkan ketentuan baru dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), semua purna Paskibraka akan ditetapkan sebagai Duta Pancasila. Hal ini akan diberlakukan mulai tahun ini, dan para purna Paskibraka akan diangkat oleh BPIP dan dilantik sebagai Duta Pancasila.

Baca juga:  Membangkitkan Semangat Olahraga dan Kesenian Islam di Forsi ke-VII

Dengan prestasi yang telah diraih oleh dua siswa Capaska asal Kota Depok, diharapkan mereka dapat mengibarkan Bendera Sang Saka Merah Putih dengan kemuliaan dan kebanggaan dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 di Bandung, Jawa Barat. Semoga mereka menjadi teladan bagi generasi muda lainnya dalam berjuang untuk keberhasilan dan prestasi di masa depan. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait