website statistics
23.4 C
Indonesia
Tue, 7 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Tuesday, 7 May 2024 | 8:22:30 WIB

Kelompok Penyanyi Jalanan Bandung Menyajikan Karya Unik dalam Album Langkah di Pelataran

Bandung | detikNews – Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ) Bandung telah sukses meluncurkan album kompilasi musik trotoar berjudul “Langkah di Pelataran.” Album ini terdiri dari sepuluh lagu karya para musisi jalanan Kota Bandung yang terpilih melalui proses seleksi yang ketat.

Menurut Ketua KPJ Bandung, Cepi Suhendar, album ini merupakan album kedua setelah album kompilasi sebelumnya yang dirilis pada tahun 2014. Peluncuran album ini menjadi tindak lanjut dari Workshop Album Kompilasi Musik Trotoar KPJ yang sukses diadakan di Bandung Creative Hub, Rabu (26/07/2023)

Rangkaian acara yang dilalui sebelum peluncuran album ini dimulai dengan proses pengiriman karya oleh para peserta pada 15 – 23 Juni 2023. Setelah itu, tahap penjurian dilakukan pada 24 Juni 2023 untuk memilih lagu-lagu terbaik yang akan dimasukkan dalam album kompilasi ini.

Baca juga:  Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa Bungadidi Resmi dibentuk

Peserta yang berhasil lolos kemudian mengikuti Workshop Album Kompilasi Musik Trotoar KPJ pada 26 Juni 2023 di Bandung Creative Hub. Di acara ini, mereka diberikan bekal dan inspirasi untuk terus berkarya. Selain itu, ada juga coaching clinic yang diadakan pada 27 Juni 2023, di mana para peserta dapat belajar lebih dalam tentang aspek-aspek dalam dunia musik dari para ahli.

Setelah proses seleksi dan pelatihan, proses rekaman lagu-lagu terpilih untuk album berlangsung dari 3 hingga 14 Juli 2023. Sepuluh musisi jalanan yang berhasil masuk dalam album ini antara lain Antophila, Dimensi, Blind Stick, Oded Debentos, Bolang, Pahlawan Squad, Phobia Cinta, Dulur BKR, Dream Team, dan Hejoroki. Karya-karya mereka menghadirkan inspirasi dan kreativitas dalam berbagai genre musik lokal yang patut diapresiasi.

Baca juga:  SIRA Soroti Dugaan BBM Ilegal di Ogan Ilir

Peluncuran album “Langkah di Pelataran” mendapatkan dukungan dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Arief Syaifudin, yang berharap agar KPJ tidak hanya berkarya di jalanan tetapi juga dapat berkiprah di industri musik. Pihaknya berharap KPJ Bandung dapat meningkatkan kemampuan bermusik, bernyanyi, hingga mencatatkan karya dalam rekaman. Dukungan juga diberikan agar KPJ dapat tampil di pusat-pusat perbelanjaan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Baca juga:  Sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Dinas PUTR Asahan Berikan Santunan kepada 50 Anak Yatim Piatu

Untuk menikmati album Kompilasi Musik Trotoar KPJ, masyarakat dapat mengaksesnya melalui platform online seperti Spotify dan Joox. Musik dan video klip dari album ini juga tersedia di kanal YouTube Patrakomala Bandung.

Dengan peluncuran album “Langkah di Pelataran,” KPJ Bandung menunjukkan keberhasilan mereka dalam berkarya dan berkontribusi pada kekayaan ragam musik lokal Kota Bandung. Semoga langkah mereka terus maju dan dapat menginspirasi generasi mendatang dalam dunia musik. (DN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait