website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 9:36:01 WIB

Kementan Canangkan Pengolahan 1.000 Hektar Lahan di Setiap Kabupaten untuk Mendukung Ketahanan Pangan Nasional

Jakarta | detikNews – Kementerian Pertanian (Kementan) telah memulai inisiatif untuk menggalakkan pengolahan 1.000 hektar lahan di setiap kabupaten di Indonesia guna mendukung ketahanan pangan nasional. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengungkapkan pentingnya kolaborasi dalam upaya menciptakan lumbung pangan dunia. Pernyataan ini disampaikan oleh Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam acara Pekan Nasional Petani dan Nelayan Indonesia (Penas Tani) XVI yang sedang berlangsung dari 10 hingga 15 Juni 2023 di Lanud Sutan Sjahrir Kota Padang, Sumatera Barat.

Baca juga:  Mahasiswa Ilmu Hukum UNU Sumbar Ikuti Training Centre Kejurnas Dayung di Karawang-Jabar

“Di sinilah pentingnya kolaborasi sebagai penguat mewujudkan lumbung pangan dunia”, terang Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Padang, Sabtu 10/6/2023.

Menurut Mentan Syahrul Yasin Limpo, sektor pangan memiliki peran strategis karena berkaitan langsung dengan kebutuhan dasar masyarakat. Selain itu, sektor ini juga berkontribusi dalam menciptakan lapangan kerja serta memperkuat perekonomian Indonesia.

Baca juga:  Jokowi Meresmikan Hunian Milenial Berkonsep TOD di Depok untuk Mendorong Penggunaan Transportasi Umum

Menghadapi ancaman cuaca ekstrem akibat El Nino yang diperkirakan akan terjadi pada bulan Agustus 2023, Bupati Gowa yang menjabat pada periode 1994–2002, mengingatkan akan pentingnya penanganan yang tepat. Upaya mitigasi dapat dilakukan dengan membuka setiap sumur resapan, mengoperasikan pompa air, mengatur irigasi, dan menggunakan benih unggul yang tahan terhadap cuaca ekstrem.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait