website statistics
26.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 19:57:13 WIB

Polisi Tangkap 19 Anggota KNPB saat Mendeklarasikan Kemerdekaan di Papua Barat

Jakarta | detikNews – Polisi berhasil menangkap 19 anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, ketika mereka tengah mengumumkan deklarasi kemerdekaan. Kapolda Papua Barat, Irjen Daniel Monang Silitonga, mengonfirmasi penangkapan tersebut pada Sabtu (10/6/2023).

“Iya benar kami amankan 19 aktivis”, ucap Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Monang Silitonga, Sabtu (10/6/2023).

Baca juga:  Pengamat Kebijakan Publik Angkat Bicara Soal Pembangunan PSN UIII Depok

Para aktivis tersebut ditangkap di Kampung Sarwom, Distrik Bamusbama, Kabupaten Tambrauw pada Jumat (9/6) sekitar pukul 16.00 WIT. Mula-mula, anggota KNPB tersebut sedang memproklamirkan berdirinya KNPB dan menyatakan kemerdekaan. Menurut Daniel, kegiatan organisasi tersebut telah diintai oleh polisi sejak lama.

“Penangkapan dilakukan saat mereka memproklamasikan berdirinya KNPB dan memproklamirkan merdeka. Mereka sempat melakukan perlawanan, tapi jumlah kita lebih banyak karena di-back up oleh TNI”, tandasnya.

Baca juga:  Pria di Sorong Ditangkap Setelah Membawa Kabur dan Memperkosa Bocah Hingga Hamil

Selain menangkap anggota KNPB, polisi juga berhasil menyita bendera KNPB, pakaian dengan motif militer KNPB, panah, parang, dan struktur organisasi. Saat ini, polisi masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait kasus ini.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait