website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 16:27:55 WIB

Keunikan Camp Qur’an SIT Ruhama Depok dalam Membentuk Generasi Berkarakter Al-Qur’an

Bogor | detikNews – Dalam era modern saat ini, di tengah kompleksitas kehidupan, menanamkan nilai-nilai keislaman kepada anak-anak merupakan tantangan yang signifikan bagi orang tua. Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ruhama Kota Depok memilih jalur unik dengan mengadakan Camp Menghafal Al-Qur’an setiap libur semester sebagai bagian dari upaya mereka dalam mendidik generasi penerus. Pada edisi ke-VIII yang digelar di Cisarua pada 17-19 Desember 2023, acara ini sekali lagi menjadi panggung keuletan dan semangat para siswa dalam menghafal Al-Qur’an.

anak-anak SDIT dan SMPIT Ruhama Kota Depok

Ketua Pembina SIT Ruhama, H. Bambang Sutopo (HBS), menjelaskan bahwa, Camp Qur’an ini secara rutin diadakan oleh SIT Ruhama setiap libur semester, dengan tujuan untuk memperkuat hafalan Al-Qur’an yang sudah diperoleh di sekolah.

“Nantinya Para siswa siswi dapat menyampaikan kembali (Murojaah) hafalan mereka secara bertahap kepada guru Qur’an di Camp Qur’an, dengan harapan akhirnya dapat menghafal Al-Qur’an 30 juz,”ucap HBS, Selasa (19/12/2023)

Baca juga:  Roadshow Bersama Bunda Hilma Dewi, Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan di Tanah Baru

“Inilah salah satu keunikan pembelajaran AlQuran di SIT Ruhama, menghafal Al-Quran tanpa mondok, dan alhamdulillah sudah banyak yang hafal Al-Quran 30 juz, selesai SD sudah ada yang hafal 15 juz dan lulus SMP Insya Allah sudah hafal 30 juz,” ungkap nya.

Politisi senior dari PKS ini juga menyoroti tiga aspek utama dalam mendidik anak-anak sesuai ajaran Islam,yang pertama mencintai Nabi Muhammad SAW, yang kedua mencintai ahlul bait, dan terakhir mencintai membaca Al-Qur’an.

HBS juga merujuk pada dua hadis, satu dari Imam Ad Dailamy yang menekankan pentingnya kasih sayang terhadap tiga hal tersebut, dan yang lain dari Imam Bukhari yang menyatakan bahwa mempelajari Al-Qur’an pada usia muda Allah akan menjadikannya Al-Qur’an menyatu dengan daging dan darah para penghafalnya.

Baca juga:  Ortusis SDN Pondokcina 1 Layangkan Gugatan Terhadap Walikota Depok ke PTUN atas Pelanggaran Standar Mutu Pendidikan

“Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar, melibatkan 100 siswa dari SDIT dan SMPIT Ruhama. Kami berharap anak-anak kami dapat menyelesaikan perjalanan menghafal Al-Qur’an hingga mencapai 30 juz,” tambahnya.

Kegembiraan luar biasa pun dirasakan oleh keluarga besar SIT Ruhama terkait prestasi anak-anak mereka dalam menghafal Al-Qur’an meskipun masih berusia belia. Semangat dan motivasi yang ditanamkan oleh sekolah tidak hanya menghasilkan pembaca Al-Qur’an yang mahir, tetapi juga membangun karakter yang kuat dan berakhlak.

“Kami, keluarga besar SIT Ruhama, merasa sangat bahagia dapat memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak kami agar bisa menghafal Al-Qur’an sejak usia dini,” ujar HBS, yang juga merupakan calon legislatif anggota DPRD Kota Depok dapil Kecamatan Cilodong-Tapos nomor urut 1.

Baca juga:  Keji! Seorang Pria di Depok, Mencabuli Bocah 5 Tahun dengan Janji Uang Rp 2 Ribu

Acara Camp Qur’an menjadi wujud konkret dari komitmen SIT Ruhama dalam memperkuat hafalan Al-Qur’an yang diajarkan di sekolah. Proses Murojaah, atau peninjauan ulang, dilaksanakan secara bertahap di Camp Quran, dengan tujuan agar siswa dapat menghafal Al-Qur’an 30 juz secara keseluruhan.

Dengan semangat “Cerdas dengan Al-Qur’an dan nilai-nilai Quranic” SIT Ruhama berupaya membangun generasi cerdas yang tidak hanya pandai dalam ilmu pengetahuan dunia, tetapi juga memiliki kearifan spiritual dan moral berdasarkan ajaran Al-Qur’an. Camp Menghafal Al-Qur’an menjadi langkah nyata sekolah ini dalam membentuk generasi yang berakhlak tinggi dan mencintai Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.

“Semoga anak-anak SIT Ruhama kelak menjadi Hafidz/Hafidzah, menghadirkan kebanggaan bagi orang tua, dan menjadi syafaat bagi seluruh anggota keluarga,” pungkas HBS dengan harapan yang tulus. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait