website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 11:18:28 WIB

Komisi V DPR Mendorong Pemerintah untuk Mengantisipasi Dampak Cuaca Panas Ekstrem dan Karhutla

Jakarta | detikNews – Baru-baru ini, beberapa wilayah di Indonesia dilanda cuaca panas ekstrem. Komisi V DPR meminta pemerintah untuk mempersiapkan antisipasi dampak cuaca yang terjadi, termasuk penyelesaian soal kebakaran hutan dan lahan yang marak terjadi di musim kemarau, Jum’at (28/4/2023).

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras, mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan karena cuaca panas ekstrem dapat mempengaruhi imunitas tubuh. Selain itu, ia juga meminta semua pihak untuk selalu waspada dan bersiap terhadap skenario terburuk.

Baca juga:  Siswa SMP Ditangkap Polisi karena Diduga Menjadi Pengedar Narkoba di Purwakarta

Salah satu faktor penyebab cuaca panas ekstrem adalah dinamika atmosfer yang tidak biasa. Selain itu, penyebab lainnya adalah dominasi monsun Australia, memasuki musim kemarau, dan intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan. Cuaca ekstrem juga disebabkan akibat perubahan iklim yang sebagian besar disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil.

Baca juga:  Warga Tiris, Probolinggo Dibacok Saat Pulang Tadarus: Pria Korban Kritis Dirawat di RSUD Waluyo Jati Kraksaan

Iwan meminta pemerintah untuk bersiap dalam kondisi yang paling ekstrem sekalipun. Semua kementerian diingatkan untuk mulai melakukan perhitungan soal dampak kekeringan yang bisa terjadi di Indonesia akibat cuaca panas ekstrem.

Legislator dari Dapil Sulawesi Selatan II itu juga menyoroti fenomena karhutla yang sudah mulai banyak muncul di sejumlah daerah. Iwan mengatakan, Pemda bersama TNI/Polri harus selalu siaga mengingat kemungkinan kasus karhutla diprediksi meningkat tahun ini.

Baca juga:  Gelar Giat Taraweh Keliling di Masjid Jami Attaqwa Kampung Lio, Kadiskominfo Depok Sosialisasikan Layanan Pengaduan Online 112 dan SIGAP bagi Kebutuhan Warga

“Dan tentunya tindakan tegas kepada pelaku pembakaran hutan dan lahan kami harapkan dari Pemerintah dan penegak hukum. Karena permasalahan karhutla ini sampai sekarang masih jadi PR yang belum selesai sehingga harus dicari solusi sampai seakar-akarnya,” tutupnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait