28.4 C
Indonesia
Sab, 3 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Sabtu, 3 Desember 2022 | 13:06:39 WIB

Komitmen Wujudkan Zero Stunting, IBH Kampanyekan Kaderisasi STAR dan Remaja Depok Bebas Animea

Depok | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berkomitmen mencegah dan menurunkan angka stunting diwilayahnya dengan target utama menggapai Zero Stunting, dan salah satu, yang menjadi perhatian khusus ialah pencegahan anemia pada remaja putri.

Bertempat di Aula lantai 10 Gd. Dibaleka 2 Balaikota Depok, Wakil Walikota Depok Ir. H Imam Budi Hartono (IBH) hadiri Kampanye Simpatik Gebyar Stunting Warrior (STAR), dan Kampanye Cegah Stunting dengan Remaja Depok Bebas Anemia.

“Stunting dapat menimbulkan dampak pada gangguan metabolik yang meningkatkan risiko individu obesitas, diabetes, stroke, dan jantung. Perbaikan gizi lebih diarahkan pada gizi seimbang, sebagai solusi menurunkan stunting dan mencegah angka obesitas naik, yang berlaku pada semua kelompok umur”, ucap IBH, Jum’at 22/7/2022.

Baca juga:  Hadiri Pengajian, Istri Wakil Walikota Depok : Jadilah Wanita yang Qurrota A'yun

“Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan, dan pada masa awal kehidupan setelah lahir, atau 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), tetapi baru nampak setelah anak berusia 2 tahun. 1.000 HPK merupakan waktu yang optimal agar anak dapat memanfaatkan peluang, untuk mencapai potensi terbaik atau dikenal dengan periode emas”, ungkap IBH.

Lebih jauh IBH menambahkan, bahwa salah satu kondisi yang dapat meningkatkan risiko stunting adalah anemia ibu hamil, yang berkaitan erat dengan remaja putri. Data tentang Anemia pada Remaja Putri, berdasarkan hasil survei tahun 2016 ditemukan 36,6 persen remaja putri yang terjangkit Anemia, angka ini termasuk sebagai masalah kesehatan kategori sedang.

Baca juga:  Hadiri Kegiatan Maulid di Milankala HUT AMS Ke-56, IBH Sosialisasikan Beasiswa Pendidikan Bagi Warga Depok

“Untuk itu, pencegahan dilakukan dalam bentuk suplementasi zat besi, dan asam folat mingguan, atau yang disebut dengan ‘Tablet Tambah Darah’ (TTD) perlu diperluas cakupannya” lanjutnya.

“Stunting dapat menimbulkan dampak pada gangguan metabolik, yang dapat meningkatkan risiko individu obesitas, diabetes, stroke, serta jantung. Perbaikan gizi lebih diarahkan pada gizi seimbang, sebagai solusi menurunkan stunting dan mencegah angka obesitas naik, yang berlaku pada semua kelompok umur”, tambah Wakil Walikota Depok.

Baca juga:  Ucapkan Selamat Ulang Tahun, RK Do'akan IBH Alloh Muliakan Hidupnya dan Kepemimpinannya

IBH juga mengungkapkan, bahwa Dinkes bersama DP3AP2KB Kota Depok juga melakukan inovasi Stunting Warrior (STAR). Para remaja sebagai STAR, menjadi agen perubahan dan dapat mengajak partisipasi remaja lainnya untuk ikut mandiri dalam menjaga kesehatan, dengan mengkonsumsi tablet tambah darah menurunkan prevalensi anemia pada remaja putri.

“Stunting Warrior ini dapat diduplikasi agar semakin banyak kader STAR, serta merupakan salah satu ikhtiar dalam kerangka mewujudkan Zero New Stunting di Kota Depok menuju Kota Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera”, tutup IBH.(Arifin)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru