website statistics
21.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 5:23:36 WIB

Kota Depok Tetap Waspada: Tujuh Pos Pengamanan Siap Sambut Mudik Lebaran 2023

Depok | detikNews – Ratusan pasukan dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, dan pihak lainnya telah mengikuti apel Operasi Ketupat Jaya 2023 tingkat Kota Depok di Lapangan Polres Metro Depok, Senin (17/04/2023) sore.

Mohammad Idris, Wali Kota Depok, memimpin apel gelar pasukan ini dan menyampaikan sambutan dari Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Apel Operasi Ketupat Jaya 2023 diadakan secara serentak dari tingkat Mabes Polri hingga ke satuan kewilayahan sebagai bentuk Pengecekan Akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

Kegiatan ini menunjukkan sinergitas antara Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah (H).

Setelah memimpin apel, Kiai Idris, sapaan akrab Wali Kota Depok, menyatakan bahwa Kota Depok bukanlah sebuah perlintasan atau perjalanan lintas provinsi.

Baca juga:  Lukki Sebut Masyarakat Indonesia Perlu Memahami Pentingnya Partisipasi dalam Pemilu

“Tapi memang Depok dari daerah ke daerah, dan bukan perlintasan mudik,” kata Kiai Idris setelah memimpin apel Operasi Ketupat Jaya 2023 tingkat Kota Depok.

Namun, lanjut Kiai Idris, dari sisi jalan tol, Kota Depok masuk dalam kategori perlintasan arus mudik. Oleh karena itu, perlu dilakukan antisipasi.

“Misalnya Jalan Raya Bogor, di tolnya itu, dan bahkan prediksi dari Kementerian sekarang mudik lebih banyak menggunakan jalur alternatif bukan jalan tol, itu yang juga harus diantisipasi,” katanya.

“Tentunya juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian, TNI untuk menjaga pos-pos yang sudah ditentukan, khususnya yang ada di Kota Depok,” jelasnya.

Baca juga:  Canangkan Resolusi Tahun 2023, Pemkab Magetan Fokus Perbaiki Infrastruktur

“Ada tujuh pos pengamanan dan satu pos pelayanan disiagakan di Kota Depok selama mudik lebaran 2023,” tuturnya.

Untuk aturan cuti bersama Idulfitri 1444 H, dimulai dari tanggal 19, 20, 21, 24, dan 25 April. Saat ini, pihaknya belum dapat memastikan berapa banyak warga yang melakukan mudik ataupun sebaliknya.

“Datanya kita belum ada, yang jelas dari resminya perusahaan dan juga lembaga pemerintah dan non pemerintah, mulai liburnya hari Rabu (19 April 2023), anak sekolah memang sudah libur, tapi orang tuanya belum, sehingga belum terpantau berapa yang keluar,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Metro Kota Depok, Kombes Pol Ahmad Fuady, mengatakan bahwa sebanyak 170 personel kepolisian dikerahkan untuk pengamanan libur lebaran tahun 2023, dengan dibantu oleh stakeholder lainnya.

Baca juga:  Ketua Komisi A, Hamzah: Usulan Anggota Dewan Wajib Diakomodir

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2023 ini, Polres Metro Depok telah menyiapkan tujuh pos pengamanan dan satu pos pelayanan, yang tersebar di 11 kecamatan se-Kota Depok.

“Sedangkan terkait persiapan, kita insyaAllah sampai saat ini masih berjalan dengan baik. Mudah-mudah selama berjalannya operasi ini, semua TNI-Polri dan Pemerintah Kota Depok bisa melayani pemudik,” katanya.

“Tujuannya agar bisa melayani pemudik supaya yang ingin pulang kampung bisa berjalan dengan aman dan nyaman. Dan warga Kota Depok yang menjalankan ibadah agar bisa aman dan nyaman, maka kita minimalisir adanya tindak pidana,” tutupnya. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait