website statistics
23.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 20:49:59 WIB

Mahasiswa UI Laksanakan Kegiatan Mitigasi Bencana Longsor di Lebak Banten

Depok | detikNews – Kabupaten Lebak merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Banten dengan topografi dataran rendah, perbukitan, dan pegunungan. Wilayah Kabupaten Lebak juga dilintasi beberapa sungai besar sehingga memiliki potensi bencana alam yang besar, khususnya longsor. Berdasarkan data informasi awal pusat krisis kesehatan terhadap bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kementrian Kesehatan RI, per awal tahun 2023 telah terjadi bencana longsor di 7 Kecamatan Kabupaten Lebak, Banten.

Tim kepedulian masyarakat Mitigasi Bencana Longsir (MIBEL) yang dibimbing oleh Dr. rer. nat. Mufti Petala Patria, M.Sc. dan Dr. Retno Lestari serta diketuai Jeremia Busesa berhasil mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di MIS Nur Rochman Rangkasbitung, Lebak, dan diikuti oleh siswa kelas 1 MI hingga kelas 12 MA. Kegiatan ini didukung oleh Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa UI) Universitas Indonesia serta Yayasan Pandu Cendekia.

Baca juga:  Dukung Digitalisasi Industri Migas, Mahasiswa UPER Ciptakan Inovasi Machine Learning
Foto bersama antara tim kepedulian masyarakat mitigasi bencana longsor dan anak-anak MI, MTs, dan MA Nur Rochman. (Foto : Dok. Universitas Indonesia)

Melalui kegiatan MIBEL, siswa belajar tanda – tanda terjadinya bencana longsor, cara menghadapi bencana longsor, dan pencegahan bencana longsor. Kegiatan edukasi dilakukan dengan pertunjukan drama boneka, dongeng, simulasi evakuasi ketika terjadi bencana longsor, dan penanaman pohon bersama sebagai bentuk aplikasi dari pencegahan longsor.

Acara disambut hangat oleh anak – anak MI, MTs, dan MA Nur Rochman yang terlihat antusias dan aktif selama kegiatan berlangsung. Kegiatan kepedulian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian anak-anak mengenai potensi bahaya bencana longsor, mengedukasi anak-anak tentang bencana longsor, dan mengajak anak-anak untuk menerapkan cara-cara mitigasi bencana longsor.

Baca juga:  Vertical Garden, Solusi Kurangnya Lahan Hijau di Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati Dari Departemen Biologi FMIPA UI

Dosen Pembimbing Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mitigasi Bencana Longsor, Mufti juga menyatakan, bahwa kegiatan ini membawa kebahagiaan kepada anak – anak.

“Kita bisa membawa kebahagiaan kepada mereka (anak – anak) dan mereka semakin semangat belajar tentunya juga semakin mencintai alam ini”, terangnya, Rabu 6/9/2023.

“Ini (kegiatan mitigasi bencana longsor) suatu pembelajaran buat kita semua, baik dari Mahasiswa, Dosen, dan masyarakat, dan guru – guru nya, serta siswanya, bahwa kita memang harus berbagi dan memberikan ilmu, sehingga mereka juga bsia merasakan kelebihan yang kita peroleh dan tentunya ini membahagiakan kita semua”, lanjut Mufti.

Baca juga:  Mewisudakan 117 Santri Bazla Institut, Bung Hatta : Young People are the Solution for Tomorrow

Sementara itu, Kepala Sekolah MIS Nur Rochman,Taufik juga menyatakan, bahwa kegiatan ini bisa menjadi pemahaman awal untuk anak – anak dalam menangani bencana alam.

Dr. Retno Lestari, salah satu Dosen pembimbing, sedang memberikan demonstrasi penanaman pohon. (Foto : Dok. Universitas Indonesia)

“Alhamdulillah luar biasa, anak-anak akan lebih paham dengan penanganan awal untuk bencana alam apalagi Lebak sekarang sudah menjadi zona bencana alam”, ujar Pak Taufik dalam wawancara dengan tim MIBEL.(Arifin)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait