website statistics
26.4 C
Indonesia
Mon, 29 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Monday, 29 April 2024 | 13:30:03 WIB

Mahfud MD Akan Meninjau Lokasi-Lokasi yang Diduga Menjadi Pusat Perdagangan Orang di Indonesia

Jakarta | detikNews – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD, telah mengumumkan rencananya untuk mengunjungi beberapa lokasi di Indonesia yang diduga menjadi titik rawan perdagangan manusia.

“Rabu depan, saya akan mendatangi tempat-tempat tertentu yang diduga banyak melakukan pelanggaran perdagangan manusia, termasuk perdagangan manusia itu sendiri’, ungkap Mahfud usai menjadi pembicara dalam acara ‘Kajian Lesehan Ramadhan Bil Jami’ah’ di Masjid Negeri Sunan Kalijaga. Masjid Universitas di Yogyakarta pada Sabtu, 1 April 2023.

Baca juga:  Lakukan 3 OTT dalam 8 Hari, KPK Tegaskan Tidak Ada Pengalihan Isu Terkait Ketua KPK Firli Bahuri

Pernyataan itu disampaikan Mahfud menanggapi penyelidikan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang menduga sindikat penyelundupan manusia sengaja menenggelamkan kapal pengangkut pekerja migran Indonesia untuk mengelabui aparat. Dia menilai, kejadian seperti itu sering terjadi.

Mahfud menjelaskan, praktik perdagangan manusia marak terjadi di berbagai belahan dunia. Kejahatan ini dilakukan dengan cara yang jahat dengan mengirim orang ke luar negeri dan menjadikan mereka budak, bahkan menenggelamkan atau membuang mereka ke laut jika jatuh sakit selama perjalanan.

Baca juga:  Wamendagri Ajukan Gugatan Terhadap RSPI, Menkopolhukam : Setiap Orang Berhak Memperjuangkan Hak Hukumnya 

Mahfud mengatakan, bahwa saat ini jenis kejahatan ini mulai muncul di Indonesia.

“Indonesia mulai terjebak dalam hal-hal tersebut, di mana kejahatan perdagangan manusia mulai terjadi, makanya kita harus bertindak. Ada undang-undang untuk itu”, tandasnya.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait