website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 17:10:31 WIB

Mengamankan Diri dari Pelaku Peretasan, Tips Terpercaya untuk Terhindar dari Ancaman Hacker

Depok | detikNews – Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah dan Pembangunan Manusia Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Caesaro Oktanto Kisty, membagikan beberapa tips kepada masyarakat untuk menghindari pelaku peretasan atau hacker.

Salah satu langkah pertama yang harus diambil oleh masyarakat adalah meningkatkan kewaspadaan terhadap aplikasi yang tidak dapat dipercaya. Mereka harus menghindari menginstal aplikasi dari sumber yang tidak jelas, seperti mengunduh aplikasi di luar platform resmi seperti Playstore dan AppStore.

“Pastikan hanya menginstal aplikasi sesuai kebutuhan, matikan opsi instalasi dari sumber yang tidak terpercaya, gunakan antivirus yang dilengkapi dengan fitur perlindungan waktu nyata, dan selalu periksa izin yang diminta oleh aplikasi,” ujar Caesaro Oktanto Kisty di Balai Kota Depok, pada Jumat (09/06/23).

Baca juga:  Edi Masturo Fokus Benahi Sampah dan Kemacetan Di Depok, Demi Kesejahteraan Warga

Selanjutnya, masyarakat harus meningkatkan keamanan perangkat yang mereka miliki. Hal ini dapat dilakukan dengan secara rutin memperbarui sistem operasi dan aplikasi yang digunakan, menghindari melakukan penyesuaian khusus pada sistem perangkat, serta membuat salinan cadangan data secara teratur dan mengaktifkan fitur-fitur keamanan yang tersedia pada ponsel.

“Selain itu, lakukan enkripsi atau pengkodean pada ponsel dan pastikan untuk mengaktifkan kata sandi pada kartu SIM dan saat ponsel terkunci,” tambahnya.

Baca juga:  Walikota Bukittinggi Mengancam Akan Memindahkan Istri Anggota DPRD Nofrizon

Langkah ketiga yang perlu diperhatikan adalah mewaspadai kejahatan phising yang saat ini semakin umum terjadi di masyarakat. Masyarakat dihimbau untuk tidak mudah tergoda oleh tawaran dari pihak lain, serta menghindari mengakses tautan yang mencurigakan dan tidak memasukkan data pribadi ke dalam situs web yang tidak terpercaya.

Selanjutnya, disarankan untuk mengubah penulisan alamat email yang dipublikasikan dengan menggantikan simbol “@” dengan kata “at” atau menggunakan gambar, serta secara rutin mengganti kata sandi secara berkala.

Baca juga:  Kelurahan Cilangkap Mantap dan Optimis Capai Target Imunisasi Polio Balita

“Terakhir, nonaktifkan fitur yang tidak digunakan pada perangkat, karena fitur-fitur tersebut dapat mengambil data pribadi jika tidak digunakan. Gunakanlah jaringan WiFi yang terlindungi dan pastikan bahwa jaringan yang digunakan dapat dipercaya,” pungkasnya.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, masyarakat diharapkan dapat meningkatkan keamanan mereka secara online dan mengurangi risiko menjadi korban peretasan atau hacker. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait