website statistics
25.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 20:31:52 WIB

Menyediakan Akses Mudah Air Minum Berkualitas, PT Tirta Asasta Bangun Keran Siap Minum di Berbagai Lokasi di Kota Depok

Depok | detikNews – PT Tirta Asasta (Perseroda) Kota Depok berencana menambah sarana air minum yang dapat dikonsumsi langsung oleh masyarakat. Setelah tersedia di Balai Kota Depok, kini keran air minum akan dibangun di tempat-tempat umum lainnya.

Menurut Direktur Utama PT Tirta Asasta, Muhammad Olik Abdul Holik, saat ini proses pembangunan keran air minum sedang berlangsung di sembilan lokasi, antara lain SDIT Uswatun Hasanah Cilodong, Kantor Camat Kemiri Muka, Kantor Camat Pancoran Mas, Kantor Kecamatan Beji, Kantor Kecamatan Sukmajaya, Kantor Kecamatan Pancoran Mas, Kantor Kecamatan Cimanggis, Kantor Kecamatan Bojongsari, dan Kantor Kecamatan Sawangan.

Baca juga:  Gelar Reses Masa Sidang II, Oparis Simanjuntak Serap Aspirasi Warga RT03/RW10 Kelurahan Sukatani Tapos Depok

“Alhamdulillah komitmen kami untuk menyediakan air minum bagi warga Depok secara bertahap terwujud. Konsepnya mirip dengan yang ada di Balai Kota Depok,” ujarnya, Senin (10/04/23). 

“Di sana ada tiga keran air minum yang bisa langsung digunakan, yakni di halaman Masjid Balai Kota, lapangan, dan pelataran parkir Gedung Baleka,” tambahnya.

Dari sembilan lokasi baru itu, sebagian sudah bisa digunakan, seperti yang ada di Kantor Kecamatan Sukmajaya, Kantor Kecamatan Sawangan, dan Kantor Kecamatan Bojongsari.

Baca juga:  Rusak Parah! Jalan di Lebak Mengalami Kerusakan Serius, Warga Terpaksa Zig-zag untuk Menghindari Lubang

“Fasilitas air minum juga sudah terpasang di Alun-alun Kota Depok,” imbuhnya.

Keran air minum yang dibangun berkonsep Reverse Osmosis (RO). Konsep ini dapat menghilangkan semua bakteri sehingga air layak untuk dikonsumsi langsung.

“Di kantor kami sudah menggunakan keran air minum. Kami berharap warga juga bisa memanfaatkannya sebagai sumber sarana air minum langsung,” ujarnya.

Air siap minum ini telah melalui pengujian laboratorium, dan hasilnya telah memenuhi standar untuk dikonsumsi. Sumber air berasal dari sumber PDAM yang kemudian diolah melalui instalasi RO dan siap dikonsumsi.

Baca juga:  Antisipasi Lonjakan Arus Mudik Lebaran 2023: Polres Purwakarta Lakukan Pengecekan dan Persiapan di Rest Area KM 81 Tol Cikampek-Palimanan

“Pemasangan kran air minum di lokasi lain terus kami upayakan tahun ini. Dari segi infrastruktur sudah siap, namun ada beberapa kendala seperti kendala jaringan sehingga tidak bisa kami implementasikan di seluruh kecamatan di Depok,” dia menjelaskan.

“Kami juga minta kesiapan dari lokasi kran air minum karena membutuhkan perawatan, dan kami tidak bisa ke lokasi itu setiap hari. Jadi secara teknis kami siap, tapi kami juga butuh dukungan dalam hal pemeliharaan,” pungkasnya. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait