website statistics
22.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 3:40:21 WIB

Mengoptimalkan Peningkatan-Pemberdayaan SDM dengan Data Mutakhir yang Valid dan Terintegrasi

Jakarta | detikNews – Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, menekankan betapa pentingnya kebutuhan data mutakhir dan terintegrasi dalam upaya pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) nasional. Menurutnya, dibutuhkan satu data yang mutakhir agar upaya pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat menjadi lebih efektif dan terarah, Selasa (11/4/2023).

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) /Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tengah melakukan Registrasi Sosial Ekonomi untuk membangun basis data yang kuat dengan cakupan seluruh penduduk. Program pemberdayaan berbasis data juga telah ditekankan oleh Kementerian PPN/Bappenas.

Baca juga:  Indonesia Laporkan 380 Kasus Baru COVID-19 pada 14 Maret, Jumlah Kasus Aktif Mencapai 3.366

Rerie menegaskan perlunya kebutuhan satu data yang mutakhir dalam proses pembangunan SDM nasional yang lebih efektif, termasuk data tingkat pendidikan, kesejahteraan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat. Tanpa data yang valid, berbagai alokasi anggaran peningkatan kesejahteraan masyarakat yang diharapkan berujung pada peningkatan kualitas anak bangsa akan sia-sia. Oleh karena itu, upaya pemerintah membangun satu data sosial ekonomi masyarakat yang mutakhir dan terintegrasi harus didukung semua pihak.

Baca juga:  Paralegal Justice Award 2023: Masyarakat Diberi Kesempatan menjadi Juri dalam Seleksi Hakim Perdamaian Desa

Rerie juga menekankan pentingnya para pemangku kepentingan di daerah dan masyarakat memberikan data yang sebenar-benarnya sehingga data yang terhimpun dalam proses registrasi sosial ekonomi nasional ini valid untuk dijadikan dasar bertindak, khususnya dalam mengatasi sejumlah persoalan dasar terkait peningkatan kualitas SDM nasional.

Dengan harapan registrasi sosial ekonomi ini bisa segera disosialisasikan saat tuntas, Rerie mendorong kolaborasi yang baik dari para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah serta masyarakat dalam mendukung proses pembangunan SDM nasional yang lebih baik. Kolaborasi ini diharapkan dapat mempercepat pemanfaatan data kondisi sosial ekonomi masyarakat yang mutakhir untuk perbaikan yang efektif di sejumlah sektor.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait