website statistics
29.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 13:15:24 WIB

Optimalkan Pelayanan Kependudukan, Sosialisasi di TMMD Sengkuyung Tahap II Kabupaten Pemalang

Pemalang | detikNews – Pelaksanaan Program TMMD Sengkuyung tahap II oleh Kodim 0711/Pemalang tahun 2023 di Desa Parunggalih, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang tidak hanya menitikberatkan pekerjaan fisik, namun juga melibatkan kegiatan non-fisik yang tak kalah pentingnya.

Sejalan dengan pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap II oleh Kodim 0711/Pemalang tahun 2023, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pemalang turut memberikan sosialisasi kepada masyarakat Desa Parunggalih, Kecamatan Bodeh, dan warga Desa Pabuaran, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Acara ini digelar di Balai Desa Pabuaran , Selasa (2/8/2023).

Baca juga:  Mohammad Saleh Ungkap Perubahan Sejarah Hari Jadi Jawa Tengah

Dalam acara sosialisasi tersebut, dua narasumber dari Disdukcapil Kabupaten Pemalang, yakni Robert Astono, SH dan Agus Syarif Nurhadi, menekankan pentingnya tiga jenis dokumen sebagai syarat pengakuan hak dan legalitas penduduk oleh negara, yaitu Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sedangkan bagi penduduk yang usianya di bawah 17 tahun, dokumen yang harus dimiliki adalah KK, Akta Kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA). Program KIA merupakan inovasi terbaru yang akan memiliki fungsi yang sama dengan KTP, ungkap Robert Astono.

Baca juga:  Alumni SMA Surabaya Bersatu (ASSB) Ramadhan Berbagi 1443 H

Lebih lanjut, Agus Syarif Nurhadi juga mengingatkan pentingnya menggunakan data yang akurat dan sesuai dengan identitas asli dalam administrasi kependudukan, karena pemalsuan data atau identitas akan berhadapan dengan sanksi tegas.

Dalam penutupan sosialisasi, kedua narasumber menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang peraturan dan kebijakan baru dalam pelayanan administrasi kependudukan, termasuk di antaranya pelayanan online. Hal ini diharapkan dapat memberi kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam proses administrasi kependudukan.

Baca juga:  Bantuan Alsintan 2023, Meningkatkan Kemakmuran Pertanian di Kabupaten Pemalang

Kegiatan sosialisasi juga dihadiri oleh sejumlah tokoh, antara lain Danramil 06/Bodeh Kapten Cba Supardi, SH., Kapolsek Bodeh Akp M. Rofiq, Kades Parunggalih Bodeh Budiman, serta Kades Pabuaran Bantarbolang Abdul Qodri, tokoh masyarakat, Toda, dan Toga dari Desa Parunggalih dan Desa Pabuaran. (Eko B Art).

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait