website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 18:15:32 WIB

PAN Bantah Klaim Ganjar Antitesis Jokowi Terkait Isu Piala Dunia U-20

Jakarta | detikNews – Viva Yoga, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), menanggapi spekulasi bahwa pembatalan Piala Dunia U-20 bisa menjadi game changer untuk pemilihan presiden mendatang atau pergeseran dukungan Presiden Jokowi untuk Ganjar Pranowo. Ia menyatakan kontroversi seputar keikutsertaan tim sepak bola Israel di Piala Dunia U-20 tidak boleh dikaitkan dengan pemilihan presiden 2024, Kamis (30/3/2023).

Menurut Viva, keputusan pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 semata-mata karena kasus Kanjuruhan dan tidak terkait dengan kontroversi Israel. Ia menegaskan, tawaran Indonesia untuk menjadi tuan rumah sudah dilakukan jauh sebelum Israel lolos, dan komitmen pemerintah untuk menjadi tuan rumah yang baik dan profesional patut diapresiasi.

Baca juga:  Ganjar Pranowo: Menghargai Jasa Jokowi, Menolak Menjadi Malin Kundang

Lebih lanjut, Viva menyatakan penentangan Ganjar Pranowo terhadap keikutsertaan Israel dalam turnamen tersebut lebih mencerminkan ideologi partainya ketimbang antitesis terhadap posisi Presiden Jokowi. Dia menjelaskan, baik Jokowi maupun Ganjar berasal dari partai yang sama dan sikap Ganjar yang menentang partisipasi Israel sejalan dengan dukungan PDIP terhadap berdirinya negara Palestina merdeka.

Baca juga:  Partai Demokrat Minta Anies Baswedan Umumkan Cawapresnya pada Bulan Juni

Viva juga menolak menjawab apakah PAN masih mendukung Ganjar pada Pilpres 2024, dengan menegaskan Ganjar tetap masuk radar PAN sebagai calon potensial. Namun, keputusan akhir akan dibuat secara kolektif dan kolegial dalam forum partai.

Sebagai penutup, Viva mengklarifikasi bahwa kontroversi seputar Piala Dunia U-20 tidak boleh dikaitkan dengan pemilihan presiden 2024 dan keputusan pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah tidak terkait dengan kontroversi Israel. Ia juga menegaskan penentangan Ganjar terhadap partisipasi Israel sesuai dengan ideologi PDIP dan keputusan akhir calon presiden dari PAN akan dilakukan secara kolektif dan kolegial.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait