website statistics
29.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 13:33:08 WIB

Pancasila Sebagai Cerminan Ajaran Islam, Tegas Ditegaskan oleh Wakil Ketua MPR

Banten | detikNews – Wakil Ketua MPR RI, Yandri Susanto, menyatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia sejalan dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Hal itu disampaikannya saat acara Sosialisasi MPR Empat Pilar, kerjasama MPR dengan KKM Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Serang di Gedung Serba Guna Pondok Pesantren Al-Qur’an Bai Mahdi Sholeh Ma’Mun Desa Sindangheula, Kabupaten Serang, Banten, hari ini.

“Memahami dan mengamalkan Pancasila bagi umat Islam Indonesia bukan lagi sesuatu yang baru,” kata Yandri dalam keterangannya, Minggu (16/4/2023).

Yandri melanjutkan, sila pertama Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, mirip dengan ajaran Islam yang hanya menyembah Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT. Kemudian, sila kedua tentang kemanusiaan yang adil dan beradab tercermin dalam ajaran Islam, dimana semut pun harus diperlakukan dengan hormat. Selain itu, umat Islam harus memiliki perilaku yang baik terhadap sesama manusia.

Baca juga:  Pantau Kesiapan Sensus Pertanian, Haji Uma Datangi Kantor BPS Lhokseumawe

Ia melanjutkan sila ketiga, persatuan Indonesia. Dalam Islam, umat Islam diajarkan untuk bekerja sama dan bersatu, tidak iri, mengkhianati, atau munafik satu sama lain. Selanjutnya ada proses musyawarah untuk mencapai mufakat yang tercermin dalam sila keempat Pancasila.

Terakhir, sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam Islam, keadilan harus ditegakkan tanpa diskriminasi. “Intinya, Pancasila sangat Islami. Oleh karena itu, jika kita mengaku beragama Islam, wajar saja mengamalkan Pancasila,” ujar Yandri.

Baca juga:  Penambahan Kuota Haji Dibahas Bersama Menag, HNW Mendorong Prioritas Lansia

Ia menyatakan bahwa Pancasila juga penting bagi umat Islam. Jika ada yang mengklaim bahwa Pancasila tidak Islami, umat Islam harus dengan tegas menyatakan bahwa pernyataan seperti itu sama sekali salah.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh umat Islam Indonesia untuk terus menjunjung tinggi Pancasila sebagai kekuatan pemersatu bangsa semaksimal mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menolak dan menentang segala upaya dari pihak-pihak yang ingin mengganggu kebersamaan dan persatuan bangsa. Bangsa Indonesia,” tutupnya.

Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, Nanang Fathurrahman, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Serang, Ahmad Rifaudin, Ketua Forum Komunikasi Sekolah Islam Swasta (FKKMS) Kabupaten Serang, Tubagus Erwin Mahrobi, Ketua Forum Komunikasi Pendidik Agama Islam (FKPAI) Kota Serang, KH. Kaerul Solihin.

Baca juga:  Heru Budi Tinjau Persiapan Venue KTT ASEAN 2023 di Bandara Soekarno Hatta

Tak hanya itu, Ketua FKPAI Kabupaten Serang KH. A. Sumadi, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Serang, Ahmad Suhaemi, Ketua Pengurus Daerah NU Kabupaten Serang, Muhammad Robi, dan sekitar 600 peserta dari berbagai latar belakang seperti Kepala Dinas Dinas Agama, kepala madrasah dan pondok pesantren di Kabupaten Serang, serta masyarakat setempat turut hadir dalam acara tersebut.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait