website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 12:38:19 WIB

Pelatihan Kecantikan Rambut: Peserta Menghadapi Tantangan Uji Kompetensi

Depok | detikNews – Peserta pelatihan tata kecantikan rambut yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok mengikuti uji kompetensi di Lembaga Kursus dan Pelatihan Putri Ayu, yang berlokasi di Kecamatan Sukmajaya. Uji kompetensi tersebut dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kecantikan.

Sidik Mulyono, Kepala Disnaker Kota Depok, menjelaskan bahwa uji kompetensi tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada peserta dalam memasuki dunia kerja atau membuka usaha sendiri. “Kami berharap agar para peserta ini terbebas dari pengangguran. Dengan memiliki sertifikat tersebut, mereka akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan,” ujar Sidik, Senin (15/05/2023)

Baca juga:  Pemulihan Ekonomi Indonesia Terus Berlanjut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Mendorong Perbaikan Anggaran Negara

Sidik menyatakan bahwa dengan memperoleh sertifikat dari hasil uji kompetensi, para peserta pelatihan akan dapat bekerja secara mandiri dan meningkatkan pendapatan keluarga mereka.

“Kami berharap agar semua peserta dapat lulus uji kompetensi ini dan mampu menerapkan pengetahuan yang telah mereka peroleh selama enam hari pelatihan, sehingga dapat meningkatkan status ekonomi keluarga mereka,” tambahnya.

Baca juga:  Pemerintah Kota Depok Ajukan Penerapan Kembali Sistem Satu Arah di Jalan Nusantara Untuk Tingkatkan Kinerja Jalan Pusat Kota

Sementara itu, Dedeh, seorang anggota Tim Asesor LSP Kecantikan, menjelaskan bahwa uji kompetensi ini melibatkan beberapa tahapan, seperti wawancara, mencuci rambut, memotong rambut, dan melakukan penataan rambut dengan menggunakan alat pengering.

“Peserta mengikuti seluruh tahapan tersebut, yang tentunya berkaitan dengan pekerjaan mereka di salon dan berbagai masalah yang dihadapi oleh konsumen,” tambahnya.

Baca juga:  Pengungkapan Revolusioner: CEO Telegram Pavel Durov Mengonfirmasi Memiliki Portofolio Bitcoin yang Substansial

Dedeh menambahkan bahwa sertifikat yang diperoleh peserta pelatihan nantinya dapat digunakan untuk bekerja di dalam maupun luar negeri. Sertifikat tersebut memiliki masa berlaku selama tiga tahun. “Apabila peserta masih aktif bekerja di salon kecantikan rambut, mereka dapat memperpanjang masa berlaku sertifikat tersebut,” pungkasnya. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait