website statistics
25.4 C
Indonesia
Mon, 29 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Monday, 29 April 2024 | 0:21:07 WIB

Pembangunan Jalan Dupak Rukun, Progresnya Segini

Surabaya | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah mengambil langkah  untuk meningkatkan kualitas jalan raya di wilayahnya. Salah satu proyek terbesar yang sedang dikerjakan adalah betonisasi Jalan Dupak Rukun di Exit Tol Surabaya-Gresik.

Pengerjaan proyek ini telah mencapai tahap yang menggembirakan, dengan persentase penyelesaian mencapai 66,369 persen pada 31 Agustus 2023, melebihi target awal yang ditetapkan oleh Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya sebelumnya, yaitu sekitar 50,326 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan DSDABM Kota Surabaya, Adi Gunita, memberikan update terbaru mengenai proyek betonisasi ini. Ia mengungkapkan bahwa saat ini pengerjaan betonisasi telah mencapai tahap pengecoran Segmen-2 di Jalan Dupak sisi utara. Dengan begitu, tahap ini hampir mencapai penyelesaiannya dan diharapkan dapat selesai sebelum tanggal 11 September 2023.

Baca juga:  Pelantikan 2 Kepala Desa PAW di Garut: Membangun Perubahan dan Tanggung Jawab Baru

“Sisi utara itu tinggal pengecoran di Segmen-2 dekatnya median jalan, itu tinggal beberapa meter ya, mungkin sebelum 11 September bisa selesai,” ujar Adi, Rabu (6/9/2023) dikutip

Tidak hanya itu, Adi Gunita juga menjelaskan bahwa ada proses pengecoran jalan di sisi pertigaan jalan dari Exit Tol menuju ke Jalan Dupak. Proyek ini terutama fokus pada jalur dari arah Tol Gresik-Surabaya menuju ke Jalan Dupak. Mengingat pentingnya akses ke Jalan Dupak, proses pengecoran ini akan dilakukan secara selektif dan dilakukan dalam dua Segmen buka-tutup. Pertama, pengerjaan sisi timur akan diselesaikan terlebih dahulu, baru kemudian akan dibuka untuk dilanjutkan dengan pengerjaan sisi baratnya.

Selanjutnya, DSDABM Kota Surabaya akan memulai pengerjaan betonisasi di Jalan Dupak sisi selatan pada tanggal 5 September 2023. Adi Gunita menargetkan bahwa pengerjaan di sisi selatan ini dapat selesai paling lambat pada tanggal 18 September 2023. Setelah itu, jalan tersebut akan dibuka kembali untuk lalu lintas, sehingga dapat digunakan oleh masyarakat.

Baca juga:  Inovasi Urban Farming Surabaya, Panen Melon dan Sayur Bersama Kelompok Tani Kosagrha Lestari

Dalam rangka memberi informasi kepada warga yang terdampak oleh proyek ini, DSDABM Kota Surabaya telah melakukan sosialisasi bersama dengan Kecamatan Asemrowo. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberitahu warga di RT 05/RW 02 dan RT 09/RW 02, Kelurahan Asemrowo, tentang adanya pengerjaan betonisasi jalan yang akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga telah memasang rambu informasi terkait pengerjaan betonisasi di Jalan Dupak sisi selatan. Tujuannya adalah agar pengguna jalan dan warga yang terdampak dapat mengetahui tentang pengerjaan betonisasi di kawasan Jalan Dupak.

Baca juga:  Peristiwa Perahu Tambangan Mengalami Kebocoran di Sungai Rolak, 1 Penumpang Perempuan Belum Ditemukan oleh Petugas Pencarian

Meskipun Jalan Dupak sisi selatan tidak sepadat sisi utara dari segi lalu lintas, penting bagi pengguna jalan untuk mengetahui adanya proyek ini guna menghindari kerumitan saat beraktivitas di sekitar wilayah tersebut.

Dengan tingkat kemajuan yang menggembirakan dalam proyek betonisasi Jalan Dupak Rukun, diharapkan bahwa akses jalan yang lebih baik akan meningkatkan mobilitas dan kelancaran arus lalu lintas di Surabaya. Proyek ini adalah bukti nyata komitmen Pemkot Surabaya untuk memberikan infrastruktur yang lebih baik bagi penduduknya.

emoga proyek ini dapat segera diselesaikan dengan sukses, memberikan manfaat besar bagi warga, dan menjadi salah satu contoh bagus untuk pembangunan infrastruktur di kota-kota lainnya. (kik)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait