website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 2:37:50 WIB

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Untuk Balita Stunting di Kecamatan Gunung Kaler

Tangerang | detikNews – Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT)  di Kecamatan Gunung Kaler, untuk Balita Stunting Kegiatan Tersebut di laksanakan di Aula Kecamatan Gunung Kaler, dan dihadiri oleh Bapak Sumartono, S.STP, M.Si, Camat Gunung Kaler, Supiyani, S.Pd, M.Si, Sekcam Gunung Kaler, Faisal Yusuf, SE, Kasi Pemberdayaan, Ibu Hanny Bakrie Sumartono selaku Ketua TP-PPK  Kecamatan Gunung Kaler beserta Anggota dan Ibu Elin (Ahli Gizi) dari Dinkes / Puskesmas Gunung Kaler, Kamis (20/07/2023).

Stunting merupakan persoalan bersama yang membutuhkan penanganan lintas sektor. Jumlahnya dapat ditekan apabila tiap OPD bahu membahu dan bekerjasama sesuai tugas pokok dan fungsinya untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Ibu Hany Bakrie Sumartono, Selaku Ibu Camat Kecamatan Gunung Kaler sekaligus Ketua TP-PKK Kecamatan Gunung Kaler menyampaikan, untuk langakah awal pencegahan Stunting khususnya di wilayah kecamatan Gunung Kaler adalah Mememuhi Kebutuah Gizi saat hamil, Pemberian ASI eksklusif, MPASI yang Sehat, Mementau Perkembangan anak dan menjaga Kebersihan Lingkungan.

Baca juga:  Usung Supian Suri Sebagai Cawalkot Depok, Partai Buruh : Kami Ingin Kota Depok Maju Lebih Cepat

Edukasi menjadi salah satu cara kami yang akan dilakukan, termasuk pemberian makanan tambahan untuk mencukupi kebutuhan asupan nutrisi bagi bayi berpotensi stunting.

Ibu Hany Bakrie Sumartono juga memberikan arahan dan penyampaian, Intervensi penanganan stunting saat ini menjadi program prioritas kami di Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang . Tidak hanya memberikan bantuan makanan tambahan kepada balita berisiko stunting, intervensi juga menyasar pada ibu hamil yang terindikasi kekurangan energi kronik (KEK).

Baca juga:  Kecelakaan di Tangerang Selatan: Mobil Menabrak Truk Tangki Penyiram Tanaman, 5 Orang Mengalami Luka

Hal ini dilakukan karena risiko balita stunting berawal dari asupan gizi yang kurang selama masa-masa kehamilan berdasar hasil penimbangan serentak (PENTAK) di seluruh desa di Kecamatan Gunung Kaler diketahui setidaknya ada 96 balita berpotensi stunting. Ucap Ibu Camat.

Maka dari itu, sebagai upaya tindak lanjut dari berbagai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya, Pemerintah Kecamatan Gunung Kaler bersama jajaran dan Puskesmas Gunung Kaler  serta Pemerintah Desa,  Tim Penggerak PPK Kecamatan Gunung Kaler upaya awal melaksanakan Program Pemberian Makanan Tambahan bagi anak stunting.

Camat Gunung Kaler, Sumartono, S.STP, M.Si, mengungkapkan, di Kecamatan Gunung Kaler tercatat ada 98 balita berpotensi stunting. Saat ini balita-balita tersebut telah mendapatkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan akan dipantau perkembangannya secara berkala oleh kader Posyandu, PKK dan dibantu oleh Pendamping Sosial di wilayah setempat. Kegiatan ini berjalan dan juga didukung penuh oleh jajaran Dinas/Instansi terkait, berkolaborasi bersama agar program ini berjalan dengan lancar.

Baca juga:  Anis Mengatakan Pertemuan Prabowo dan Surya Paloh Sinyal Penggembosan Gugatan di MK

Program ini akan terus kami laksanakan bekerjasama dengan TP-PKK Kecamatan dan Kader Desa dan Posyandu di setiap Desa  sehingga kita dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak, memiliki pertumbuhan normal serta memiliki kemampuan perkembangan otak yang cerdas, maka resiko stunting akan dapat diminimalisir sehingga Anak  akan memiliki sumber daya manusia unggul yang berkualitas. Ucap Camat. (Saepuin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait