website statistics
21.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 7:38:46 WIB

Pemkot Bogor Akan Membangun Museum Bumi Ageung Batutulis, Menghabiskan Dana Sebesar Rp 16 Miliar

Bogor | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, berencana untuk membangun sebuah museum yang sepenuhnya berhubungan dengan sejarah Bogor. Museum ini akan diberi nama Bumi Ageung Batutulis dan direncanakan akan dibangun di sekitar Istana dan situs Batutulis. Dana awal yang akan digunakan untuk pembangunan museum ini sebesar Rp 16 miliar, yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor.

“Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengatakan bahwa proses pembangunan museum ini diharapkan akan dimulai bulan depan. Konsepnya bukan hanya sebagai taman, melainkan juga sebagai museum yang menggambarkan Kerajaan Pajajaran. Diharapkan museum ini selesai pada bulan Desember,” demikian ungkap Bima Arya saat dihubungi pada hari Kamis (25/5/2023).

Baca juga:  Pantau Perbaikan Alun-alun Kota Bogor, Bima Arya Ingin Tata Kelola Kota yang Lebih Baik

Bima juga menjelaskan bahwa Museum Bumi Ageung Batutulis akan terintegrasi dengan situs batu tulis yang terletak di seberang Istana Batutulis.

“Pembangunan Bumi Ageung ini bertujuan untuk menghidupkan kembali kebesaran Kerajaan Pakuan Pajajaran. Kami menggunakan anggaran sebesar Rp 16 miliar dari APBD Kota sebagai langkah awal untuk penataannya,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Iceu Pujiati, yang dihubungi terpisah, mengungkapkan bahwa Museum Bumi Ageung Batutulis akan dibangun di atas lahan seluas 3.248 meter persegi.

“Museum Bumi Ageung Batutulis yang akan memiliki luas 3.248 meter persegi ini direncanakan akan dikerjakan pada tahun ini dengan anggaran sebesar Rp 16 miliar. Karena prosesnya harus melalui pelelangan, saat ini sedang dalam proses pengadaan barang dan jasa (PBJ) untuk lelang konsultan, pengawas, dan konstruksi,” jelas Iceu.

Baca juga:  Gelar Acara Famgath, H.Imam Musanto Tingkatkan Semangat Profesionalitas Kaderisasi IMC Dalam Mengawal Aspirasi Masyarakat

Di dalam kawasan Museum Bumi Ageung Batutulis nantinya akan terdapat museum atau galeri yang akan diisi dengan replika benda-benda pusaka dari Kerajaan Pajajaran.

“Selain situs Batutulis, kawasan ini juga akan memiliki amphitheater, kafe, taman, dan rooftop dengan pemandangan Gunung Salak yang dapat dinikmati oleh pengunjung Museum Bumi Ageung Batutulis,” tambah Iceu.

Baca juga:  Kenyamanan Selama Ramadan di Kota Bogor dengan Enam Poin Inovatif dari Pemerintah Kota

“Ia juga menambahkan bahwa di dalam museum tersebut akan terdapat galeri yang berisi replika benda-benda pusaka dari Kerajaan Pajajaran, serta diorama dan storyline yang mengisahkan sejarah Bogor,” kata Iceu.

Iceu menjelaskan bahwa pembangunan Museum Bumi Ageung Batutulis merupakan upaya dari Pemkot Bogor untuk memberikan edukasi sejarah kepada masyarakat.

“Kami berharap Museum Bumi Ageung Batutulis dapat menjadi tempat edukasi tentang situs dan sejarah Bogor, serta menjadi destinasi wisata yang dapat dinikmati secara gratis oleh warga Kota Bogor dan juga wisatawan dari luar Kota Bogor pada tahun 2024 mendatang,” tambahnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait