website statistics
26.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 16:00:24 WIB

Pemkot Depok Siapkan 1.066 Pos untuk Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio pada Balita, Sasar 95 Persen Jumlah Balita

Depok | detikNews – Dalam rangka menjaga kesehatan balita dari virus Polio, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah menyiapkan 1.066 pos yang tersebar di 11 kecamatan untuk mengimplementasikan program Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. Pelaksanaan program ini akan dilaksanakan dari hari ini hingga 9 April 2023.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, menyatakan bahwa Sub PIN Polio tidak hanya dilakukan di Posyandu, tetapi juga di Puskesmas, PAUD, TK, RA, dan beberapa pos lainnya.

Baca juga:  DPRD Kabupaten Bangka Selatan Kunjungi Diskominfo Depok dalam Upaya Meningkatkan Sistem Informasi

“Tujuan dari program ini adalah memberikan pencegahan kepada balita dari virus Polio. Pemberian vaksin dilakukan secara oral, dengan dosis dua tetes vaksin polio,” ujar Mary, Senin (03/04/2023).

Lebih detaik di jelaskannya, sasaran program ini adalah seluruh balita usia 0 sampai 59 bulan tanpa memandang status imunisasi.

“Jumlah balita di Kota Depok saat ini mencapai 210.974. Pelaksanaan Sub PIN Polio dilaksanakan dalam dua putaran. Putaran pertama dilaksanakan pada 3 hingga 9 April, sementara putaran kedua pada 15 hingga 21 Mei dengan interval minimal satu bulan. Target dari program ini adalah mencapai 95 persen dari seluruh balita yang ada di Kota Depok,”bebernya.

Baca juga:  Pemkot Depok Membuka Peluang Pengelolaan Parkir Swasta di Kawasan Margonda

Dinkes Kota Depok dan Puskesmas tidak bekerja sendiri dalam melaksanakan program ini. Mereka juga mendapat dukungan dari organisasi profesi dari rumah sakit, klinik swasta dan bidan praktik mandiri, sehingga program ini bisa dilaksanakan secara serentak selama 7 hari pelaksanaan dan 5 hari sweeping.

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati berharap program ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat melindungi balita Depok dari penyakit polio. (NW)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait