website statistics
27.4 C
Indonesia
Sat, 11 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Saturday, 11 May 2024 | 10:21:20 WIB

Pemkot Tangerang Raih Opini WTP ke-16 Kali, Bukti Tata Kelola Keuangan yang Optimal

Tangerang | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali meraih penghargaan atas capaian keberhasilan dalam mengelola tata kelola keuangan pemerintahan secara baik. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Banten memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemkot Tangerang atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LPKD) di tahun anggaran 2022. Raihan ini menjadi yang ke-16 kalinya secara berturut-turut Pemkot Tangerang meraih opini WTP.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman, mengungkapkan bahwa capaian ini merupakan catatan membanggakan untuk semua pihak. Opini WTP sendiri merupakan predikat yang diberikan oleh BPK terhadap Kementerian/Lembaga Pemerintah dan Pemerintah Daerah (Pemda) tertentu terkait keberhasilan mengelola tata kelola keuangan pemerintahan secara baik.

Baca juga:  Sepeda Listrik Dilarang di Jalan Raya, Ini Sebabnya

“Sebelumnya, opini WTP merupakan predikat apresiatif yang diberikan BPK RI untuk laporan keuangan yang telah terjamin dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karenanya, raihan yang baru-baru ini dicapai Pemkot Tangerang menandakan pengelolaan keuangan untuk kinerja pelayanan di Kota Tangerang telah berjalan dengan sangat optimal,” jelas Sekda Kota Tangerang, Herman Suwarman, Senin, (8/5/23)

Baca juga:  Pemkot Tangerang Berikan Bantuan Sosial Tunai Tahap Kedua Kepada Ribuan Warga Rentan

Herman Suwarman juga menjelaskan bahwa opini WTP menjadi representasi penilaian serta bukti dari satuan pemerintahan telah menjalankan kinerja secara transparan, akuntabilitas, efisien, bahkan bebas dari praktik korupsi. Beberapa indikator yang digunakan dalam penilaian ini meliputi Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI), dan kecukupan pengungkapan (adequate disclosures).

Dalam hal ini, Pemkot Tangerang berhasil mendapatkan nilai rata-rata 85 persen, di atas nilai rata-rata nasional yang hanya 75 persen. Selain itu, opini WTP ini juga bermanfaat dalam mengawal tata kelola keuangan yang baik serta dapat meningkatkan tingkat kepercayaan publik terkait kinerja pelayanan yang semakin tinggi.

Baca juga:  Cara Unik Bupati Tangerang Membangun Kedekatan dengan Buruh Melalui Kegiatan Mancing dan Doorprize

Kepercayaan publik yang tinggi ini sangat dibutuhkan sebagai dukungan konkrit dan bukti kepuasan masyarakat terhadap proses kinerja, pelayanan, dan pembangunan yang selama ini dilakukan Pemkot Tangerang. Dengan capaian ini, Pemkot Tangerang diharapkan dapat terus berkomitmen dan meningkatkan kinerjanya dalam membangun Kota Tangerang yang lebih baik lagi ke depannya. (DN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait