website statistics
21.4 C
Indonesia
Tue, 21 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Tuesday, 21 May 2024 | 6:48:31 WIB

Penguatan Layanan Informasi Publik: DPRD Kabupaten Bogor Belajar dari Best Practices Diskominfo Kota Depok

Depok | detikNews – DPRD Kabupaten Bogor baru-baru ini berkunjung ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok untuk studi banding guna memperbaiki sistem pengelolaan informasinya. Kegiatan tersebut meliputi koordinasi dan konsultasi terkait pembinaan, pengawasan, dan pengendalian kegiatan informasi dan komunikasi publik.

“Kami ingin meningkatkan sistem pengelolaan informasi di Kabupaten Bogor. Saat ini Kabupaten Bogor memiliki sarana komunikasi untuk masyarakat berupa radio. Sedangkan website diintegrasikan untuk berbagai jenis layanan,” ujar Achmad Fathoni, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, usai melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Diskominfo Kota Depok, Senin (03/04/23).

Baca juga:  Mengembangkan Fasilitas Olahraga, Pemkot Depok Bangun Pusat-Pusat Olahraga di Setiap Kecamatan

Dikatakannya, penyebaran informasi di Kota Depok sudah tertata dan terstruktur dengan baik, selain berbagai aplikasi dan media yang mendukungnya. Inilah salah satu alasan mengapa ia dan rombongan memilih Kota Depok sebagai tempat studi banding. Ia berharap kunjungan ini dapat memberikan masukan untuk perbaikan struktur dan sistem pelayanan informasi publik.

“Banyak hal yang akan kami terapkan setelah kunjungan ini, terutama terkait pelayanan publik untuk kepuasan masyarakat itu sendiri. Misalnya, mengoptimalkan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi. Di Kota Depok, kami amati sudah sangat transparan, apalagi dengan dukungan aplikasi, jadi lebih optimal,” ujarnya.

Baca juga:  Layanan Telemedicine Simple Puskesmas Abadijaya: Solusi untuk Mengurangi Antrian Panjang

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto menjelaskan fungsi dan peran Divisi Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) sebagai divisi yang menaungi kerjasama dan kemitraan dengan media dalam menyebarluaskan informasi publik. Timnya pun menjawab semua pertanyaan yang diajukan peserta Kunker.

“Pada intinya Pemkot Depok telah mempermudah masyarakat untuk menangani berbagai layanan dengan menggunakan satu aplikasi yaitu Depok Single Window (DSW), termasuk untuk pengurusan KTP,” jelasnya.

Baca juga:  Kolaborasi Kota Depok dan Perguruan Tinggi dalam Percepatan Aktivasi KTP Digital Dipuji Dirjen Kemendagri

“Semoga dengan Kunker ini kita bisa saling menambah wawasan dalam meningkatkan layanan informasi dan komunikasi kepada masyarakat di daerah kita masing-masing,” pungkasnya. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait