website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 17:25:23 WIB

PP PMKRI Melaporkan Oknum Pimpinan KPK ke Dewas dan Bareskrim Terkait Kebocoran Berkas Kasus Korupsi di Kementerian ESDM

Jakarta | detikNews – Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) telah melaporkan oknum pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK dan ke Bareskrim Polri terkait dugaan kebocoran berkas penyelidikan kasus korupsi di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Laporan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menjaga independensi dan kepercayaan publik pada KPK agar tetap terjaga, Jum’at (14/4/2023).

Baca juga:  Misteri Suap Walkot Bandung: Kode Rahasia 'Everybody Happy' dan Sepatu LV yang Mengungkap Skandal Korupsi CCTV dan ISP di Program Bandung Smart City

Presidium Gerakan Kemasyarakatan PP PMKRI, Billy Claudio, menyatakan bahwa organisasi mahasiswa tersebut akan terus mengawal kasus ini agar segera diproses. Billy juga menyatakan keprihatinannya terhadap kondisi KPK yang tiap tahunnya mengalami penurunan dalam hal kepercayaan publik.

Billy menjelaskan bahwa laporan yang dilakukan oleh PMKRI ke Dewas KPK terkait dengan dugaan pelanggaran kode etik oleh oknum pimpinan KPK. Dokumen penyelidikan dugaan korupsi tunjangan kinerja tahun anggaran 2020-2022 di lingkungan Kementerian ESDM diduga bocor oleh oknum pimpinan KPK kepada pihak-pihak berperkara atau yang menjadi obyek pemeriksaan.

Baca juga:  Genangan Air di Jalan Metro Pondok Indah Jakarta Selatan Membuat Lalu Lintas Menuju Lebak Bulus Tersendat

Pihak KPK sendiri belum memberikan tanggapan mengenai laporan yang dilakukan oleh PMKRI tersebut. Namun, langkah yang dilakukan oleh PMKRI ini menunjukkan bahwa kepercayaan publik terhadap KPK perlu terus dijaga dan diperkuat agar lembaga ini dapat menjalankan tugasnya sebagai pengawal integritas dan pemberantas korupsi dengan baik.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait