website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 18:33:50 WIB

Puskesmas-Puskesmas di Kota Depok Mulai Jalani Proses Akreditasi Perdana 2023

Depok | detikNews – Sedang berlangsung proses akreditasi perdana pada sembilan Puskesmas di Kota Depok untuk tahun 2023. Proses ini dilakukan oleh Lembaga Penyelenggara Akreditasi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Sembilan Puskesmas yang tengah menjalani akreditasi perdana adalah Puskesmas Ratujaya, Cilangkap, Jatijajar, Depok Utara, Puskesmas Mampang, Cisalak Pasar, Cinangka, Sukamaju Baru, dan Kalimulya.

Mary Liziawati, yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, menjelaskan bahwa tujuan diadakannya akreditasi Puskesmas ini adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan serta keselamatan bagi pegawai, pasien, dan masyarakat. Proses akreditasi ini tidak hanya sekadar penilaian, tetapi juga berdampak langsung bagi masyarakat.

Baca juga:  DPUPR Kota Depok Turunkan Satgas untuk Perbaiki Jalan Amblas di Pancoran Mas

“Seluruh Puskesmas secara bertahap akan menjalani proses akreditasi. Tahun ini, terdapat sembilan Puskesmas yang akan mengikuti akreditasi perdana,” ujar Mary, Rabu (09/08/23).

Mary juga menjelaskan bahwa saat ini kebijakan terbaru menyatakan bahwa survey akreditasi akan dilakukan secara berkala setiap lima tahun. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2022 mengenai Akreditasi Puskesmas, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.

Baca juga:  Pentingnya Stres Sehat: Pakar Mengungkap Rahasia Umur Panjang yang Menakjubkan

“Sebanyak 38 Puskesmas di Kota Depok diharuskan menjalani proses akreditasi guna meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat,” tambah Mary.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Depok, Agus Gojali, juga menambahkan bahwa proses akreditasi perdana untuk sembilan Puskesmas ini telah berlangsung sejak Mei hingga November 2023. Beberapa komponen yang dinilai dalam proses akreditasi meliputi kepemimpinan dan manajemen Puskesmas, upaya kesehatan masyarakat, dan upaya kesehatan individu.

Baca juga:  Menjalin Kolaborasi Efektif antara Stakeholder Kelurahan Jatimulya untuk Meningkatkan KTR dan IKL

“Selain itu, aspek peningkatan mutu Puskesmas dan program prioritas nasional juga akan dinilai,” tutup Agus. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait