website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 2:07:44 WIB

Rakor Germas dan KTR, Lurah Tirtajaya Ajak Perluas Jaringan

Depok | detikNews – Kepala kantor Kelurahan Tirtajaya, Yadi Supriadi, mengajak para ketua RT dan RW untuk berpartisipasi dalam memperluas jaringan Gerakan Masyarakat (Germas) kawasan bebas rokok (KTR). Hal tersebut disampaikan usai kegiatan rapat koordinasi Germas di kantor Kelurahan Tirtajaya, Jumat (8/12/2023). Acara Rakor turut melibatkan stakeholder Kelurahan Tirtajaya, UPTD Puskesmas Sukmajaya, Babinkamtibnas, Babinsa, dan elemen masyarakat.

Lurah Tirtajaya, Yadi Supriadi menekankan adapun tema Rakor yakni untuk memperluas cakupan kawasan bebas rokok, sebagai upaya warga Kelurahan Tirtajaya.

Narasumber, Retno Falupi dari UPTD Puskesmas Sukmajaya.

“Rakor Germas dan KTR dihadiri oleh stakeholder dan pihak lain, turut berlangsungnya Rakor KTR”, ujar Lurah Tirtajaya

Baca juga:  Menekan Kasus Stunting, Setwapres: Kota Depok Berpotensi Menjadi Percontohan Nasional

Lurah berharap prestasi Pokja Kelurahan sebagai juara dua lomba Duta Depok sehat se-kota Depok dapat memotivasi warga untuk memperkuat dan memperluas cakupan kawasan tanpa rokok, terutama di wilayah Kelurahan Tirtajaya.

Perwakilan UPTD Puskesmas Sukmajaya, Retno Falupi, menjelaskan tujuan Rakor Germas KTR untuk meningkatkan implementasi Germas dari keluarga hingga tingkat Kelurahan. Ia mengimbau agar Rakor Germas dan perluasan KTR turut sukses dalam berbagai bidang.

Retno juga menerangkan, tujuan pokok Rakor Germas lebih memperkuat implementasi ke masyarakat. “Dengan target tujuh titik kawasan tanpa rokok”, kata Retno. Germas, kegiatan terstruktur bersama masyarakat, dimulai dari aktivitas individu seperti olahraga dan makan sehat.

Baca juga:  Muktar Yusuf Mantan Jurnalis TV7 Tutup Usia, Menyisakan Banyak Kenangan, Sahabat Karib Berduka

“Satgas Germas di setiap titik kawasan tanpa rokok memberikan imbauan, pembinaan, hingga evaluasi monitoring kepada masyarakat”, tambahnya.

Selain fokus pada tujuh titik kawasan tanpa rokok, Germas juga meningkatkan sektor ekonomi dengan mendukung budidaya buah dan sayur lokal.

Usai Rakor Germas dan KTR, Kasi Kemas Kelurahan Tirtajaya, Sri Suharti, berharap Rakor ini memperkuat Germas dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan.

Baca juga:  Berhasil Tangani Jaminan Kesehatan Masyarakat dengan Sukses, Kota Bogor Raih Penghargaan UHC 2023

“Sesuai harapan, di Rakor kedua ini lebih memperkuat Germas,” ucap Sri Suharti.

Ia bersyukur atas prestasi Pokja Kelurahan sebagai juara dalam lomba video dan Duta Depok Sehat. Upaya dilakukan dengan menempelkan stiker KTR di tujuh titik tertentu, tepatnya di RW 04/07 Kelurahan Tirtajaya Kecamatan Sukmajaya.

Sri Suharti berharap, melalui Rakor Germas dan KTR, dengan penguatan dan pembinaan oleh satgas Germas, masyarakat akan lebih peduli terhadap kesehatan, melibatkan seluruh lapisan masyarakat. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait