website statistics
22.4 C
Indonesia
Tue, 7 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Tuesday, 7 May 2024 | 3:59:04 WIB

Menekan Kasus Stunting, Setwapres: Kota Depok Berpotensi Menjadi Percontohan Nasional

Depok | detikNews – Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) melakukan kunjungan kerja ke empat kelurahan di Kota Depok, yaitu Kelurahan Curug, Cimpaeun, Cilangkap, dan Jatijajar, dalam rangka melihat langsung keberhasilan Kota Depok dalam menekan kasus stunting, Kamis (15/06/2023)

Kunjungan ini menunjukkan bahwa Depok telah mempersiapkan diri dengan baik dibandingkan dengan wilayah lainnya, dan memiliki potensi untuk menjadi contoh nasional.

Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), Suprayoga Hadi, menyatakan bahwa dalam kunjungan ini, pihaknya mengunjungi dua lokasi khusus di setiap kelurahan, yaitu Posyandu dan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Salah satu yang dikunjungi adalah Posyandu dan P2L di Kelurahan Jatijajar, yang telah terbukti dapat bersinergi dalam menurunkan angka stunting dengan cepat.

Baca juga:  Posko Mudik BPJS Kesehatan Hadirkan Layanan Relaksasi Cek Kesehatan Gratis untuk Arus Balik Libur Lebaran

Hadi menjelaskan bahwa berdasarkan informasi dari camat dan lurah setempat di Jatijajar, penanganan stunting di wilayah tersebut sangat baik dengan angka yang rendah. Keberhasilan ini dicapai melalui adanya inovasi dan terobosan dalam upaya penurunan kasus stunting di Kelurahan Jatijajar.

Selain itu, sinergi yang baik antara berbagai pihak, termasuk partisipasi dari sektor swasta, juga menjadi faktor penting dalam menurunkan angka stunting.

P2L di wilayah tersebut dimanfaatkan secara efektif oleh warga untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak di sekitarnya. Hal ini menjadi salah satu faktor penurunan angka stunting yang signifikan.

“P2L di sini dapat dimanfaatkan dengan sangat baik oleh warga untuk memenuhi gizi pada anak-anak di wilayahnya,” ungkapnya

Baca juga:  Sanggahan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi: Tidak Pernah Mengatakan Ada Masalah di JIS

Hadi juga menyatakan optimisme bahwa Kota Depok dapat berhasil menurunkan angka stunting hingga 10 persen. Ia berharap Kota Depok dapat menjadi contoh baik dalam upaya penurunan stunting, baik di tingkat nasional maupun global.

“Kami melihat Depok ini memang sudah sangat siap dibanding wilayah lain dan berpotensi menjadi percontohan di tingkat nasional,” tuturnya.

Yulia Oktavia, Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia dari Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, menambahkan bahwa keempat lokasi yang dikunjungi dalam kunjungan tersebut telah berhasil menurunkan angka stunting. Meskipun demikian, masih diperlukan peningkatan dalam hal administrasi dan edukasi kepada para kader.

Baca juga:  BPBD: Ribuan Keluarga di Kota Bogor Tinggal di Zona Hitam dan Merah Rawan Bencana

“Jadi, cara kader menyampaikan informasi kepada masyarakat dalam mencegah kasus stunting baru, masih perlu dilakukan pelatihan atau penambahan pengetahuan,” ujarnya.

Sementara itu, Abdul Mutolib, Camat Tapos, mengatakan bahwa tim dari Setwapres merasa sangat puas setelah berkunjung ke wilayahnya. Hal ini terlihat dari hasil kunjungan ke lokasi dan Posyandu di Kelurahan Jatijajar, yang menunjukkan capaian yang baik dalam menurunkan angka stunting.

Dengan adanya upaya kolaboratif antara berbagai pihak dan inovasi yang dilakukan di Kota Depok, diharapkan bahwa permasalahan stunting dapat terus ditekan dan Kota Depok menjadi contoh sukses dalam penanganan stunting, baik di tingkat nasional maupun global. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait