website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 22:51:31 WIB

Ratusan Desa dan Kelurahan di Kabupaten Purwakarta Meriahkan Jambore Kader Posyandu

Purwakarta | detikNews – Ratusan desa dan kelurahan di seluruh Kabupaten Purwakarta menggelar Jambore Kader Posyandu. Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta untuk menghormati ribuan kader yang telah memberikan kontribusi luar biasa, Rabu (21/06/2023)

Jambore tersebut diadakan di Taman Maya Datar, Alun-alun Kiansantang Taman Pasanggrahan Padjajaran dengan kehadiran Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Widyawati, para pejabat dari Provinsi Jawa Barat, dan pimpinan yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Purwakarta.

Dalam sambutannya, Bupati Purwakarta menyebut kader posyandu sebagai pahlawan kesehatan masyarakat yang luar biasa. Mereka telah memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan ibu dan anak balita serta penanggulangan stunting.

Baca juga:  HMBT Bangun Posko Rumah Baca Sukamakmur

Bupati Anne mengakui bahwa peran aktif kader posyandu dalam penanganan stunting merupakan tindak lanjut dari kebijakan Presiden Republik Indonesia yang menjadikan penanganan stunting sebagai program nasional strategis. Dia menegaskan bahwa kader posyandu merupakan pahlawan kesehatan yang luar biasa dalam dedikasi dan pengorbanannya.

“Kader Posyandu merupakan pahlawan kesehatan karena jasa besarnya sebagai ujung tombak penanganan ibu hamil, bayi dan balita. Mereka juga jadi garda terdepan dalam penanggulangan stunting,” kata Bupati Anne

Bupati Anne juga menargetkan penurunan angka stunting yang lebih lanjut. Dalam dua tahun terakhir, kasus stunting di Purwakarta mengalami penurunan signifikan. Pada tahun 2021, jumlah penderita stunting mencapai 3.709, sedangkan pada tahun 2022, jumlahnya menurun menjadi 2.095 balita.

Baca juga:  Resmi Ditutup, Peserta Diklat 3 In 1 Di Aceh Utara Diharapkan Manfaatkan Ilmu Yang Sudah Dibekali

“Penanganan stunting merupakan salah satu dari tujuh program nasional strategis yang ditetapkan Presiden Republik Indonesia. Sebagai petugas di garda terdepan dalam melayani kesehatan masyarakat, maka tidak salah kalau kader Posyandu merupakan Pahlawan Kesehatan karena dedikasi dan pengorbanannya yang luar biasa,” ujar Bupati Anne

Jambore Kader Posyandu diikuti oleh 2.652 peserta. Dari jumlah tersebut, 2.000 peserta adalah kader posyandu yang berasal dari 1.048 posyandu yang tersebar di 183 desa dan 17 kecamatan di seluruh Purwakarta. Peserta lainnya terdiri dari Kepala Desa, Camat, anggota Forkopimda, perwakilan organisasi profesi, kader Puskesmas, dan pejabat dari berbagai OPD Pemkab Purwakarta.

Baca juga:  Sukacita Bersama, Acara Syukuran dan Doa untuk Kemenangan Prabowo Gibran

Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta, Norman Nugraha, selaku Ketua Pelaksana Jambore, menjelaskan bahwa tema jambore ini adalah “Saya Bangga Menjadi Kader Posyandu” karena kader posyandu memiliki tugas luar biasa dalam membantu penanganan stunting dan melayani kesehatan keluarga, terutama ibu hamil, balita, dan anak-anak.

Selama acara jambore, Bupati Anne Ratna Mustika memberikan penghargaan kepada Posyandu Mawar di Desa Cipancur, Kecamatan Cibatu sebagai Posyandu terbaik se-Purwakarta. Penghargaan lainnya diberikan kepada Kecamatan Kiarapedes,  Campaka dan Kecamatan Darangdan.

“Penghargaan diberikan oleh Bupati Anne Ratna Mustika karena prestasi mereka memang luar biasa dalam membantu pelayanan kesehatan masyarakat,” pungkas Norman Nugraha. (Che)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait