website statistics
23.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 0:16:56 WIB

Resmi Ditutup, Peserta Diklat 3 In 1 Di Aceh Utara Diharapkan Manfaatkan Ilmu Yang Sudah Dibekali

Lhoksukon | detikNews – Dua Diklat 3 In 1 di Kabupaten Aceh Utara yang difasilitasi oleh Anggota DPR RI Drs. H. Anwar Idris dari Fraksi PPP bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Balai Diklat Industri (BDI) Medan serta Koperasi Produsen Perkebunan Berkat Bunga Damai resmi ditutup, Sabtu (24/06/2023).

Adapun dua Diklat tersebut, diantaranya Diklat 3 in 1 Angkatan 5 Tahun 2023 tentang “Pengoperasian Mesin dan Peralatan Produksi Pada PMKS” yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Cot Girek yang secar resmi ditutup oleh Kepala BDI Medan yang diwakili oleh Kasubbag TU Sri Dirmayani, SE.M.SE.

Kemudian Diklat 3 In 1 Angkatan 31 Tahun 2023 tentang “Operator Produksi Olahan Makanan” yang dipusatkan di Aula Kantor Camat Syamtalira Bayu yang ditutup oleh Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Aceh Utara Iskandar, S.STP, MSP.

Sementara kedua Diklat masing-masing yang diikuti oleh 50 peserta itu telah berlangsung selama 12 hari, yang dibuka langsung sebelumnya oleh Anggota DPR RI Komisi VII H. Anwar Idris, di Syamtalira Bayu pada tanggal 12 Juni sedangkan di Cot Girek 13 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Kasubag TU BDI Medan Sri Dirmayani dihadapan puluhan peserta menyampaikan, para peserta yang mengikuti diklat selama 12 hari ini terus berjuang dan mendalami ilmu serta dapat mengimplementasikan di dunia kerja nantinya, sehingga mewujudkan tenaga kerja yang berkualitas dan kompeten.

Baca juga:  Hari ke 3, Peserta Masih Sangat Antusias Ikuti Pendidikan Kader Ulama MPU Aceh Utara

“Gunakan kesempatan ini sebaiknya baiknya, karena Bapak/Ibu para peserta ini adalah merupakan orang-orang pilihan yang beruntung dapat mengikuti pelatihan Diklat selama 12 hari ini,” ucapnya.

Sementara di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kadis Perindagkop Aceh Utara Iskandar mengatakan bahwa siap mensuport untuk berkelanjutan para peserta diklat ini untuk lebih maju dalam memberikan perubahan yang lebih baik kedepannya.

Sesi photo bersama usai penutupan Diklat 3 In 1 Angkatan 31 Tahun 2023 tentang “Operator Produksi Olahan Makanan” yang dipusatkan di Aula Kantor Camat Syamtalira Bayu Kabupaten setempat.

Selain itu, mewakili H. Anwar Idris, Tenaga Ahli DPR RI Ali Kuba dalam sambutannya juga mengharapkan kepada seluruh peserta dengan selesainya acara diklat dan pelepasan atribut hari ini bukanlah akhir dari segalanya.

“Mari sama-sama kita saling berkoordinasi untuk menyambung keberlangsungan dengan apa yang didapatkan selama 12 hari ini, saya siap memfasilitasi para peserta untuk membentuk usaha kelompok bersama dengan berbadan hukum yang sah yang nanti bisa di bantu oleh Pemerintah sesuai anjuran Presiden tentang UMKM, dimana Bapak Presiden telah mengucurkan dana lewat Bank BSI mencapai trilyunan. Tinggal kita para peserta bagaimana memanfaatkan peluang yang ada,” harapnya.

Baca juga:  Peringati Hari Bhayangkara ke-76, Polres Lombok Tengah Ziarah Makam Pahlawan

Acara penutupan diklat ini ditandai dengan pelepasan tanda peserta dan atribut secara simbolis oleh Kasubag TU BDI Medan dan Kadis Perindagkop Aceh Utara yang didampingi Tenaga Ahli DPR RI dari H. Anwar Idris yang akrab disapa Ali Kuba dan Ketua Koperasi Produsen Perkebunan Berkat Bunga Damai Abu Bakar AR.

Dalam kesempatan penutupan diklat di Aula Kantor Camat Cot Girek itu, Abu Bakar juga menitip pesan dan memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar selalu semangat, terus belajar dan berjuang agar tercapai apa yang diinginkan.

“Gunakan peluang ini sebaik-baiknya, bapak/ibu para peserta semuanya yang selama ini telah berjuang untuk belajar selama 12 hari dan sudah di uji oleh tim BNSP, semoga apa yang telah dipelajari sehingga nantinya juga akan diberikan sertifikat kompetensi, jadikanlah sebagai jembatan dan tiket untuk membawa kesuksesan dalam dunia kerja,” pesannya.

Abu Bakar juga mengapresiasi H. Anwar Idris selaku Anggota DPR RI Komisi VII yang begitu peduli terhadap masyarakat, dengan menghadirkan program pelatihan diklat ini untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Baca juga:  Safari Ramadhan PD IPA: Membentengi Pemuda Asahan dari Kejahatan dan Menumbuhkan Cinta Agama

Di penghujung acara kesan dan pesan juga disampaikan oleh Aris Munandar mewakili seluruh peserta. Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua yang terlibat telah memberikan kesempatan untuk bisa mengikuti kegiatan peningkatan SDM dan Kompetensi ini.

“Terimakasih kepada semua pihak, Anggota DPR RI H. Anwar Idris, Kementerian Perindustrian, pihak BDI Medan, Koperasi Produsen Perkebunan Bunga Damai, serta kepada seluruh tim Asesor dari BNSP atas kesempatan dan ilmu yang telah diberikan kepada kami,” imbuhnya.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Asesor (Tim Penguji) dari LSP P1 BDI Medan yg merupakan perpanjangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) diantaranya Rizka Rahmah Hidayati, Indra Oloan Nainggolan, Lisnawati Tamba, Raja Sakti Nasution, dan Rivai Rivaldho Munthe.

Kemudian para rombongan dari BDI Medan lainnya, dan Bendahara Koperasi Produsen Perkebunan Berkat Bunga Damai Dian Irdaningsih dan diakhiri dengan do’a yang dibacakan oleh salah satu peserta Murhaban, SH. (Murhaban)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait