website statistics
21.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 5:35:35 WIB

SDN Pondok Bahar 3, Juara Wakil Bidang Pendidikan dalam Penilaian Kota Sehat Tingkat Nasional 2023

Tangerang | detikNews – Setelah melewati proses kurasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS), SD Negeri Pondok Bahar 3 yang terletak di Kecamatan Karang Tengah terpilih sebagai pemenang dalam penilaian Kota Sehat tingkat Nasional 2023 di bidang pendidikan. Penghargaan ini diberikan setelah Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin, bersama Camat Karang Tengah, Hendriyanto, Lurah Pondok Bahar, Bobi Ertanto, dan Kepala Puskesmas Pondok Bahar, dr. Achmad Tarmizi, melakukan kunjungan langsung ke sekolah tersebut.

Komariah, Kepala Sekolah SDN Pondok Bahar 3, menjelaskan bahwa sekolahnya telah mengimplementasikan beberapa program kesehatan, seperti menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), memiliki Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), mengelola bank sampah, menyediakan kantin sehat, toilet yang bersih, serta menjaga lingkungan sekolah yang asri dengan penanaman pohon.

Baca juga:  Mengungkap Keunikan dan Pesona Freestyle Scooter Tangerang

“Dalam upaya menciptakan sekolah sehat, kami melibatkan seluruh elemen, termasuk Kepala Sekolah, guru, dan staf dalam menerapkan PHBS. Selanjutnya, kami menyosialisasikan pola hidup sehat ini kepada siswa dan orang tua, seperti pentingnya membuang sampah pada tempatnya dengan memilahnya menjadi organik dan anorganik. Kami juga mendorong siswa untuk membawa bekal makanan dan minuman dari rumah,” ujarnya, Kamis (27/7/2023).

Baca juga:  Peran Medsos Tingkatkan Jumlah Mahasiswa UNMUHA

Lebih lanjut, Komariah juga berpesan kepada orang tua agar memastikan anak-anak mereka sarapan sebelum berangkat sekolah. Dengan demikian, anak-anak dapat lebih fokus dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Selain itu, setiap Kamis, seluruh siswa melakukan senam bersama, menyikat gigi, dan membersihkan lingkungan sekolah.

Tak hanya tahun ini, SDN Pondok Bahar 3 sebelumnya juga pernah meraih penghargaan sebagai sekolah sehat. Pada tahun 2018, sekolah ini menjadi Juara 2 dalam kompetisi Sekolah Sehat, dan pada tahun 2017, meraih Juara 2 dalam kategori Toilet Bersih tingkat Kota Tangerang. Semua prestasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh elemen sekolah untuk terus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.

Baca juga:  Gerakan Penghijauan, Upaya Kecamatan Benda dalam Menangani Polusi Udara

“Kami berharap komitmen dalam menerapkan pola hidup sehat ini tidak hanya terjadi saat mengikuti lomba sekolah sehat saja. Ke depannya, kami akan terus membiasakan dan mengedepankan PHBS di setiap waktu dan tempat,” pungkasnya (DH)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait