website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 11:53:06 WIB

Simakmum, Navigasi Canggih UPTD TPU Depok dalam Pelayanan Pemakaman

Depok | detikNews – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan pemakaman umum, Unit Pelaksana Teknis Daerah Tempat Pemakaman Umum (UPTD TPU) Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok memperkenalkan Aplikasi Simakmum, atau Sistem Informasi Pemakaman Umum. Keputusan ini diambil untuk memaksimalkan efisiensi dan kenyamanan dalam proses pemakaman, dengan akses yang dapat dijangkau melalui situs web dan aplikasi khusus.

Kepala UPTD TPU Disrumkim Kota Depok, Mohammad Iksan, menjelaskan bahwa Aplikasi Simakmum telah melewati serangkaian uji coba dan tahap sosialisasi. Dengan pencapaian ini, aplikasi tersebut dijadwalkan untuk diluncurkan dalam waktu dekat.

Baca juga:  Ini Harapan Camat Cipayung Dalam Forsida

“Melalui langkah inovatif ini, kami berharap dapat menjawab berbagai kendala yang selama ini dihadapi oleh masyarakat dalam proses pemakaman umum,” ungkap Mohammad Iksan kepada detikNews.co.id, Kamis (12/10/2023).

Aplikasi Simakmum menawarkan sejumlah layanan yang dapat diakses oleh masyarakat, termasuk informasi status perpanjangan makam, prosedur pendaftaran izin pemakaman, hingga layanan transportasi mobil jenazah.

Baca juga:  Hadiri Pengajian, Istri Wakil Walikota Depok : Jadilah Wanita yang Qurrota A'yun

Proses pengembangan aplikasi melibatkan beberapa tahap, seperti penyusunan rancangan aplikasi, uji coba rancangan, pengecekan database dan pemecahan bug, serta uji coba dan evaluasi fitur-fitur yang disediakan.

Menurut Mohammad Iksan, beberapa faktor mendasar memotivasi pengembangan Aplikasi Simakmum. Antara lain, masih adanya praktik penyampaian informasi dan layanan pemakaman secara manual, ketergantungan pada petugas lapangan, ketidakpusatan database pemakaman, keterlambatan dalam pembaruan data, keterbatasan sarana dan prasarana untuk penyampaian informasi, dan kekurangan SDM dalam pengelolaan pemakaman umum.

Baca juga:  Kepala UPTD TPU Depok Sebut Area Makam Perlu Penataan, Antisipasi Longsor Terulang

“Dengan demikian, melalui terobosan ini, kami berupaya memberikan solusi alternatif untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan UPTD TPU Disrumkim Kota Depok,” tuturnya. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait